5 Manfaat Dibalik Lezatnya Cokelat Untuk Kesehatan

5 Manfaat Dibalik Lezatnya Cokelat Untuk Kesehatan - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai 5 Manfaat Dibalik Lezatnya Cokelat Untuk Kesehatan itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori 5 Manfaat Dibalik Lezatnya Cokelat Untuk Kesehatan.

Judul Artikel : 5 Manfaat Dibalik Lezatnya Cokelat Untuk Kesehatan

Mari bersama untuk mengkaji 5 Manfaat Dibalik Lezatnya Cokelat Untuk Kesehatan supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


5 Manfaat Dibalik Lezatnya Cokelat Untuk Kesehatan

manfaat cokelatCokelat merupakan salah satu makanan terpopuler di dunia, hampir semua orang segala usia menikmati lezatnya cokelat dan produk olahannya seperti susu, krim dan lain-lain. Dibalik itu, banyak juga yang beranggapan bahwa cokelat dapat memberi efek buruk bagi kesehatan, cokelat dipercaya sebabai pemicu diabetes, kolesterol dan obesitas. Namun tahukah Sobat kalau ada jenis cokelat yang memiliki manfaat bagi kesehatan kita? Ya, cokelat tersebut adalah cokelat hitam atau dark chocolate. Mengapa harus cokelat hitam? karena cokelat hitam lebih murni, sedikit atauh bahkan tanpa tambahan gula, susu, krim atau lainnya, sehingga rasanya sedikit lebih pahit dibandingkan dengan cokelat susu.

Manfaat cokelat bagi kesehatan diantaranya :

1. Baik untuk kesehatan jantung

Flavonoid dalam cokelat berdasarkan hasil penelitian dapat meningkatkan fungsi sel endotel (pelapis) pembuluh darah dan sel trombosit dan memiliki efek anti peradangan (anti imflamasi) sehingga mencegah terjadinya penggumpalan sel trombosit dan penyumbatan pembuluh darah yang beresiko menyebabkan serangan jantung koroner. Mengkonsumsi cokelat hitam secara rutin juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL/Low Density Lipoprotein) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL/High Density Lipoprotein) dalam darah, yang juga erat hubungannya dengan kesehatan jantung.

Makanan yang baik untuk jantung lainnya : Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan

2. Baik untuk kesehatan kulit

Seperti disebutkan di atas, kandungan flavanoids pada cokelat hitam bersifat anti imflamasi, yang juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat polusi, paparan sinar matahari dan zat kimia lainnya. Dengan mengkonsumsi cokelat hitam juga dapat menurunkan kadar kortisol (hormon stress), memperkuat kolagen sehingga menunda gejala penuaan seperti kulit keriput, kulit kendur atau bintik-bintik hitam. 

Info seputar kesehatan kulit lainnya : Bahaya Sinar UV Terhadap Kulit

3. Meringankan stress

manfaat cokelatNestle Research Center di Lausanne, Switzerland., pernah melakukan penelitian untuk mempelajari hubungan antara mengkonsumsi cokelat hitam dengan penurunan stress seseorang. Penelitian tersebut melibatkan 30 orang dewasa yang kemudian masing-masing mengkonsumsi 40 gram cokelat hitam setiap hari selama 2 minggu. Hasilnya menunjukkan bahwa mengkonsumsi cokelat hitam setiap hari terbukti mampu menurunkan kadar hormon stress kortisol dan katekolamin pada mereka yang memiliki tingkat kecemasan tinggi. Cokelat hitam juga mengandung beberapa senyawa kimia yang dapat memberikan efek positif pada mood dan meningkatkan kemampuan kognitif. Phenylethylamine (PEA) adalah salah satu senyawa kimia yang terkandung pada cokelat (sama dengan yang ada pada otak) yang mendorong otak untuk melepas endorfin sehingga menciptakan perasaan positif dan nyaman.

4. Sumber vitamin dan mineral

Di dalam cokelat hitam mengandung banyak mineral penting diantaranya kalium, kalsium, magnesium, zat besi dan tembaga serta vitamin C yang kesemuanya sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.

5. Menurunkan resiko diabetes

Salah satu resiko diabetes adalah menurunnya sensitifitas insulin. Mengkonsumsi cokelat hitam ternyata dapat membantu mengurangi resistensi insulin dan membantu sel-sel dalam tubuh bekerja secara normal dan mengembalikan kemampuan untuk menggunakan insulin secara lebih efisien. Cokelat hitam merupakan makanan dengan indeks glikemik rendah yang tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula dalam darah. Makanan lezat lain yang memiliki indeks glikemik rendah yaitu madu, simak 7 Manfaat Madu Untuk Kesehatan.


Walau memiliki banyak manfaat, jangan beranggapan bahwa coklat adalah obat mujarab. Hanya mengkonsumsi coklat tanpa disertai dengan pola makan dan olahraga yang teratur tidak akan memberikan manfaat terhadap tubuh. Selain itu Sobat juga perlu memperhatikan batasan maksimal mengkonsumsi cokelat karena cokelat yang beredar di pasaran lebih banyak cokelat yang banyak diberi campuran gula, susu, krim dan lainnya yang berarti mengandung kalori, kadar lemak dan kolesterol cukup tinggi. Jadi, saat memilih cokelat baiknya Sobat memilih cokelat hitam atau dark chocolate agar mendapatkan manfaat-manfaat seperti disebutkan di atas. 



Dan Sekian ulasan 5 Manfaat Dibalik Lezatnya Cokelat Untuk Kesehatan

Semoga dengan kajian 5 Manfaat Dibalik Lezatnya Cokelat Untuk Kesehatan,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Manfaat Dibalik Lezatnya Cokelat Untuk Kesehatan"

Posting Komentar