Mengenal Hewan Unik Kura-Kura Brazil

Mengenal Hewan Unik Kura-Kura Brazil - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai Mengenal Hewan Unik Kura-Kura Brazil itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori Mengenal Hewan Unik Kura-Kura Brazil.

Judul Artikel : Mengenal Hewan Unik Kura-Kura Brazil

Mari bersama untuk mengkaji Mengenal Hewan Unik Kura-Kura Brazil supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


Mengenal Hewan Unik Kura-Kura Brazil

Kura-Kura Brazil atau Red-Eared Slider (Trachemys Scripta Elegans)

Kura-Kura Brazil
Kura kura brazil berasal dari Amerika Serikat bagian selatan. Ciri khusus dari kura-kura brazil adalah adanya semburat berwarna merah tepat dibelakang matanya, itu sebabnya kura-kura brazil memiliki nama red-eared slider/RES. Sama seperti jenis kura-kura lainnya, kura-kura brazil memiliki masa hidup yang panjang, bisa mencapai 20 hingga 30 tahun dengan panjang tubuh mencapai 30 cm. Jenis kelamin kura-kura brazil dapat dillihat dari perbedaan bentuk fisiknya, kura-kura brazil jantan memiliki cakar kaki depan yang lebih panjang dibanding betina dan memiliki kloaka (lubang anus) yang lokasinya lebih dekat dengan pangkal ekor.

Tempurung atas (karapas) kura-kura brazil muda biasanya bersifat lunak, berwarna hijau cerah dengan pola garis berwarna kuning dan hitam. Ketika mulai dewasa, karapas akan semakin keras dan warnanya berubah semakin gelap. Tempurung bagian bawah (plastron) berwarna hijau kekuningan dengan pola yang unik (nampaknya pola tersebut selayaknya sidik jari pada manusia, setiap kura brazil berbeda polanya).
Tempurung atas = Karapas
Tempurung bawah = Plastron
Habitat kura-kura brazil
Kura-kura brazil merupakan hewan air, jadi jika sobat berniat untuk memeliharanya sobat perlu menyiapkan tempat seperti kolam atau aquarium sebagai habitat buatan. Ada dua alternatif memelihara kura-kura brazil, memelihara di luar ruangan (outdoor) dengan media kolam atau memelihara di dalam ruangan (indoor) dengan media aquarium atau lainnya. Yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan kura brazil untuk berjemur karena kura brazil membutuhkan UV-A untuk membantu penglihatan dan UV-B untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, proses metabolisme pencernaan dan sintesa kalsium. Saat menjemur sinar matahari harus langsung terkena tubuh RES karena jika terhalang benda seperti kaca dan lainnya maka yang didapat hanya panasnya saja. Lamanya waktu menjemur juga perlu diperhatikan, sekitar 15-20 menit dengan wadah yang diberi air setinggi plastron. Jika menjemur dengan media kering (tanpa air) lamanya menjemur bisa dipersingkat karena media ikut menjadi panas. Penjemuran yang terlalu lama akan mengakibatkan kura-kura dehidrasi atau bahkan kematian.

Makanan kura-kura brazil

Kura-kura brazil termasuk hewan omnivora atau pemakan segalanya, namun kita perlu memvariasikan jenis makanan agar nutrisi yang diperlukan dapat terpenuhi.  Berdasarkan pengalaman, pelet, daging dan cacing adalah makanan yang paling disukai bayi kura-kura brazil.
Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa diberikan untuk kura-kura brazil:

Sayuran
Pada umumnya kura brazil mengkonsumsi semua jenis sayuran. Ada beberapa jenis sayuran yang dapat diberikan seperti kangkung, kacang polong, labu, daun selada, tomat dan wortel. Namun ada beberapa jenis sayuran yang harus dihindari karena mengandung kadar fosfor atau protein tinggi, diantaranya brokoli, kubis, jamur, bayam, kacang tanah, seledri. Bayi kura-kura brazil biasanya enggan memakan sayuran dan lebih menyukai pelet, daging atau cacing.

Pelet
Pelet adalah makanan yang paling mudah untuk diberikan dan saat ini sudah banyak pelet khusus kura-kura yang dijual di pasaran. Pemberian pelet sebaiknya diimbangi dengan jenis pakan lain karena mengandung protein yang tinggi.

Buah
Buah-buahan dapa menjadi alternatif untuk memvariasikan pakan untuk kura-kura, tapi pemberian buah disarankan tidak terlalu sering karena akan membuat kura-kura sering buang air besar. Beberapa buah yang aman diberikan seperti pepaya, apel, pisang melon, semangka dan lain lain.

Serangga dan cacing
Sesekali jenis pakan ini dapat diberikan sebagai variasi makanan. Kebanyakan kura-kura brazil juga menyukai jenis makanan ini.


Ada beberapa jenis daging yang sebaiknya dihindari seperti daging sapi, daging ayam dan ikan laut karena dapat menghambat penyerapan nutrisi, menyebabkan kegemukan dan resiko bakteri salmonella. Sobat juga perlu menghindari jenis ikan yang mengandung enzim thiaminase (seperti ikan mas), yang dapat merusak fungsi vitamin B1 yang sangat penting untuk proses metabolisme tubuh. Kura yang sehat aka selalu minta makan, namun pemberian makanan harus diperhatikan agar tidak overfeeding yang akan menyebabkan kegemukan. 

Bagi sobat yang ingin memelihara kura-kura brazil sobat bisa mendapatkan info lewat artikel Memelihara kura-kura brazil, indoor atau outdoor? dan Merawat kura-kura brazil dalam aquarium. Semoga bermanfaat.



Dan Sekian ulasan Mengenal Hewan Unik Kura-Kura Brazil

Semoga dengan kajian Mengenal Hewan Unik Kura-Kura Brazil,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Hewan Unik Kura-Kura Brazil"

Posting Komentar