Mengenal dan Memilih Jenis Sepeda yang Sesuai Kebutuhan

Mengenal dan Memilih Jenis Sepeda yang Sesuai Kebutuhan - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai Mengenal dan Memilih Jenis Sepeda yang Sesuai Kebutuhan itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori Mengenal dan Memilih Jenis Sepeda yang Sesuai Kebutuhan.

Judul Artikel : Mengenal dan Memilih Jenis Sepeda yang Sesuai Kebutuhan

Mari bersama untuk mengkaji Mengenal dan Memilih Jenis Sepeda yang Sesuai Kebutuhan supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


Mengenal dan Memilih Jenis Sepeda yang Sesuai Kebutuhan

Mengenal Jenis-jenis Sepeda



olahraga bersepedaSepeda saat ini sudah tidak lagi hanya menjadi alat transportasi saja, namun telah bertransformasi menjadi sebuah olahraga menarik dan juga gaya hidup. Bagi sobat yang ingin menggeluti olahraga bersepeda, ada baiknya mengenal lebih dahulu jenis-jenis sepeda sehingga sobat mampu menentukan sepeda mana yang sesuai dengan kebutuhan dan ketertarikan sobat.

Artikel ini akan membantu sedikit menjelaskan tentang jenis-jenis sepeda bagi sobat semua.

1. Sepeda Gunung (Mountain Bike/MTB)
Sepeda jenis ini dirancang untuk melewati medan offroad. Ada beberapa jenis sepeda gunung yang dirancang secara khusus sesuai dengan medanya masing-masing, diantaranya:

Cross Country Bike (XC Bike)
cross country
Tipe ini dirancang untuk melewati medan offroad ringan dengan jarak tempuh cukup jauh. Salah satu ciri dari jenis sepeda ini hanya memiliki satu suspensi depan atau biasa disebut hardtail. Keuntungan dari sistem hardtail adalah kayuhan pedal yang lebih efisien karena tidak adanya efek bobbing (pantulan pada bagian belakang sepeda saat dikayuh), yang mengakibatkan goweser lebih mudah lelah. Namun seiring perkembangan zaman, saat ini telah dikembangkan XC Bike sistem dual suspension (trail bike) dimana shock belakang dapat di lock atau diatur sensifitasnya untuk meredam efek bobbing tersebut.

Artikel terkait : Memilih Sepatu Untuk Sepeda Gunung

All Mountain Bike (AM)
all mountain

Tipe ini dirancang untuk meningkatkan kenyamanan dalam melewati medan offroad. Biasanya AM Bike digunakan untuk medang yang lebih berat dari jenis cross country. Ciri dari tipe ini adanya suspensi belakang (full suspension) sehingga lebih nyaman ketika melewati medan berbatu, naik turun bukit dan melintasi medan offroad lainya.

Downhill (DH)
downhill


Sesuai dengan namanya, tipe ini digunakan untuk menuruni gunung/perbukitan. Tipe ini dirancang lebih kuat dari AM Bike dengan efek samping bobot sepeda cenderung lebih berat. Sama dengan AM Bike, DH Bike menggunakan sistem full suspension namun dengan panjang suspensi yang lebih tinggi. Jenis ini tidak cocok dan tidak nyaman digunakan di medan cross country ataupun all mountain apalagi digunakan di jalan raya beraspal mengingat bobot dan efek bobbing yang ditimbulkanya.

Free Ride (FR)

free ride


Tipe ini dirancang untuk mampu menghadapi jumping atau lompatan-lompatan yang extreme. Intinya tipe ini dibuat bagi mereka yang hobi mendobrak kebiasaan bersepeda. Mana ada sich orang yang melompat dari atas jurang setinggi 7 meter menggunakan sepeda? Tapi dengan sepeda ini hal itu jadi ada dan bisa, selama didukung skill yang memadai tentunya.

Artikel terkait : Tips Olahraga Bersepeda Bagi Pemula

Dirt Jump
dirt jump


Sepeda dirt jump memiliki kegunaan mirip seperti BMX, dirancang untuk aksi lompatan-lompatan cukup tinggi, show off skills, free style dll. Bentuknya pun mirip BMX namun memiliki ukuran lebih besar dan memiliki suspensi depan.

2. Road Bike
road bike


Sepeda Road Bike dirancang khusus untuk jalanan beraspal mulus dan biasanya digunakan untuk kegiatan balap sepeda. Jenis sepeda ini menitikberatkan pada bentuk aerodinamis dan bobot yang ringan. Road Bike tidak memiliki suspensi dan ban yang digunakan berbeda dengan jenis MTB, dimana ban Road Bike berukuran lebih tipis dan lebih halus. Bagi sobat yang lebih suka melaju di jalan beraspal ketimbang berjibaku di medan offroad, road bike menjadi pilihan terbaik.

Artikel terkait : Anatomi Sepeda Gunung

3. Sepeda Lipat
sepeda lipat

Sepeda ini memiliki keunikan karena dapat dilipat sehingga dapat menghemat ruang penyimpanan. Ciri dari sepeda ini yaitu memiliki diameter ban yang kecil. Sepeda jenis ini cocok digunakan bagi sobat yang tinggal di daerah perkotaan.

4. Sepeda Hybrid
sepeda hybrid

Jenis sepeda ini merupakan perpaduan dari jenis MTB dan Road bike. Biasanya bentuk frame menyerupai frame MTB namun menggunakan ban yang berukuran lebih kecil dengan kembangan yang lebih halus. Sepeda hybrid pada umumnya dilengkapi suspensi depan tanpa adanya suspensi belakang.

5. Sepeda Touring
sepeda touring


Sesuai namanya, sepeda ini dirancang untuk perjalanan jarak jauh atau touring. Frame sepeda jenis ini pada umumnya menggunakan frame MTB atau road bike. Ciri khusus dari jenis sepeda ini adalah banyaknya aksesoris pendukung yang melekat pada sepeda seperti rack pannier, tas, dan botol minum sebagai pendukung aktifitas bertouring ria. Bagi sobat yang suka melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda, sepeda jenis ini layak menjadi pilihan utama.

Artikel terkait : Manfaat Bersepeda Bagi Tubuh

Dengan mengetahui jenis-jenis sepeda dan peruntukanya, diharapkan sobat tidak salah pilih saat membeli sepeda. Salam gowes..



Dan Sekian ulasan Mengenal dan Memilih Jenis Sepeda yang Sesuai Kebutuhan

Semoga dengan kajian Mengenal dan Memilih Jenis Sepeda yang Sesuai Kebutuhan,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal dan Memilih Jenis Sepeda yang Sesuai Kebutuhan"

Posting Komentar