Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah Secara Alami

Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah Secara Alami - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah Secara Alami itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah Secara Alami.

Judul Artikel : Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah Secara Alami

Mari bersama untuk mengkaji Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah Secara Alami supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah Secara Alami

Cara mengatasi kulit kering pada wajah - Kulit kering kerap menjadi masalah sebagian orang. Kulit yang kering dapat membuat wajah terlihat kusam dan kasar, wajah terasa gatal bahkan dapat menyebabkan kerutan pada kulit. Bagi Sobat yang mengalami kondisi kulit kering, dibagiin.com akan memberikan beberapa tips cara mengatasi kulit kering dengan sederhana. Tapi sebelum itu mari kita cari tahu dulu penyebab dan ciri-ciri dari kulit kering itu sendiri.

kulit kering

Penyebab kulit kering

Kulit kering tidak memiliki atau sangat sedikit sebum (minyak alami kulit) dan kulit jenis ini juga tidak mampu menahan air untuk menjaga kelembaban kulit. Hal ini dapat disebabkan karena lapisan terluar kulit yang tidak seimbang atau mengalami kerusakan. Ada beberapa faktor penyebab kondisi kulit kering, namun faktor genetik atau keturunan adalah faktor paling umum. Jika orang tua Sobat juga memiliki kondisi kulit kering, besar kemungkinan Sobat juga akan mengalami hal serupa. Beberapa faktor penyebab kulit kering lainnya diantaranya:
  1. Cuaca. Pada umumnya kulit kering akan terjadi pada saat musim panas dimana suhu tinggi dan kelembaban berkurang. 
  2. AC atau pemanas ruangan. Penggunaan AC dan pemanas ruangan terlalu lama juga dapat memicu kulit kering.
  3. Mandi dengan air terlalu panas atau terlalu dingin dapat menyebabkan kerusakan lapisan lemak pada kulit yang berfungsi untuk menahan air. Terlalu lama berenang di kolam renang yang mengandung klorin juga dapat memicu kulit kering.
  4. Efek samping dari penggunaan obat-obatan yang sedang dikonsumsi.
  5. Kurangnya asupan mineral dan nutrisi penting lain yang dibutuhkan kulit.
  6. Efek samping dari penggunaan produk-produk kecantikan yang tidak sesuai dengan jenis dan kondisi kulit wajah. Penggunaan beberapa jenis sabun, deodorant dan detergen juga dapat memicu terjadinya kulit kering.
  7. Paparan radiasi sinar matahari juga dapat menyebabkan kulit mengering. Bukan hanya kulit kering, beberapa resiko gangguan kulit juga dapat terjadi diakibatkan radiasi sinar UV matahari, penjelasan lebih lengkap dapat disimak pada artikel Bahaya Sinar UV Terhadap Kulit.
  8. Gangguan kelenjar tiroid. Bila kadar hormon tiroid berkurang, maka aktifitas kelenjar keringat dan kelenjar minyak alami kulit ikut menurun, akibatnya kulit akan menjadi kasar dan kering.
  9. Faktor usia. Sejalan dengan bertambahnya usia, proses produksi kelenjar minyak yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit akan menurun.

Ciri-ciri kulit kering

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab kulit kering, langkah berikutnya kita perlu tahu ciri-ciri kulit kering. Di bawah ini beberapa ciri-ciri dari kulit kering:
  1. Kulit kasar dan kusam, biasanya disertai dengan kulit bersisik (scaling).
  2. Banyak terdapat garis-garis halus atau kerutan pada kulit wajah.
  3. Kulit terkelupas (peeling). Akibat pengelupasan sering terjadi pendarahan ringan.
  4. Sering terjadi peradangan atau bercak merah pada kulit. Peradangan sering disertai dengan rasa gatal karena iritasi.
  5. Kulit terlihat mengkerut, kurang elastis dan dehidrasi.


Tips menghindari resiko kulit kering

Mengetahui faktor penyebab kulit kering dan ci-cirinya sudah kita bahas, selanjutnya di bawah ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindari resiko kulit kering:
  1. Hindari pemakaian sabun yang terlalu banyak busa dan detergen, sabun sulfur atau antiseptik, sabun yang mengandung alkohol tinggi. Sabun-sabun berjenis tersebut dapat mengikis minyak di wajah. Usahakan memilih sabun dengan kandungan pelembab di dalamnya.
  2. Gunakan lotion atau pelembab. Ini adalah cara paling sederhana untuk menghindari resiko kulit kering. Penggunaan body lotion sangat penting bagi Sobat khususnya Sobat yang bekerja di luar ruangan (terkena terik matahari langsung) atau yang bekerja di ruangan ber AC.
  3. Konsumsi air minum yang cukup. Air minum sangat bermanfaat bagi kesehatan tidak terkecuali kesehatan kulit. Pastikan Sobat mengkonsumsi cukup air minum yang dianjurkan (sebanyak 8 gelas per hari) agar kulit tidak mengalami dehidrasi yang menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam.
  4. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin E. Vitamin E sangat bermanfaat dalam menjaga kelembaban dan elastisitas kulit. Beberapa sumber vitamin E diantaranya bayam, almond, umbi-umbian, alpukat, brokoli, tomat dan sawi.
  5. Konsumsi cukup lemak. Asupan lemak khususnya asam lemak omega selain dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan otak juga bersifat anti-imflamasi sehingga dapat menjaga kelembaban kulit. Beberapa sumber asam lemak omega diantaranya ikan salmon, ikan tuna, telur, kacang-kacangan, bayam, minyak zaitun, susu kambing dan sapi, dan lain-lain.
  6. Hindari paparan sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari langsung dapat beresiko menimbulkan kerusakan pada lapisan epidermis kulit yang dapat menyebabkan peradangan pada kulit seperti kulit kering, iritasi dan lain-lain.
  7. Mandi 2 kali sehari. Mandi selain untuk membersihkan tubuh juga bermanfaat untuk mengembalikan kelembaban kulit. Namun perlu diingat, terlalu sering mandi justru akan mengikis minyak pada kulit dan menyebabkan kulit menjadi kering. 
Untuk mengetahui tips merawat kesehatan kulit wajah secara umum Sobat dapat simak pada artikel Cara Merawat Kesehatan Kulit Wajah secara Alami.

Cara mengatasi kulit kering pada wajah dengan bahan alami

Untuk Sobat yang telah terlanjur mengalami kulit kering, berikut ini beberapa cara mengatasi kulit kering pada wajah dengan bahan alami:

1. Masker minyak zaitun
Minyak zaitun dapat membantu menjaga kelembaban kulit. Selain itu, minyak zaitun juga dapat menghaluskan kulit dan membantu proses pelepasan sel-sel kulit mati yang kemudian digantikan denga sel-sel yang baru. Caranya siapkan minyak zaitun secukupnya, campurkan dengan kuning telur dan beberapa tetes air jeruk lemon, aduk hingga merata. Aplikasikan masker tersebut ke kulit wajah dan diamkan hingga mengering, lalu bilas dengan air dingin.

kulit kering

2. Masker alpukat, pisang dan yogurt
Perpaduan antara yogurt dan alpukat atau pisang juga dapat menjadi pilihan dalam mengatasi masalah kulit kering. Caranya siapkan 10 sendok teh yogurt yang telah dicampur beberapa tetes air lemon lalu campurkan dengan alpukat atau pisang. Aduk merata lalu gunakan sebagai masker pada kulit wajah. Biarkan selama kurang lebih 20 menit lalu bilas dengan air bersih.


3. Masker lidah buaya
Lidah buaya merupakan bahan alami yang cukup ampuh membantu kulit dalam menjaga kelembabannya. Caranya mudah, Sobat hanya perlu memisahkan daging lidah buaya dengan kulitnya lalu oleskan daging lidah buaya tersebut ke kulit wajah. Biarkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas.

Selain kulit kering, masalah kulit wajah lain yang sering dijumpai adalah komedo. Untuk Sobat yang sering mengalami masalah ini, Sobat dapat menyimak artikel Atasi Komedo Dengan Masker Dari Bahan Alami Berikut Ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sobat semua..



Dan Sekian ulasan Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah Secara Alami

Semoga dengan kajian Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah Secara Alami,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah Secara Alami"

  1. thanks informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://kapsulgamatemaswalatra.com/g-sea-jelly-gamat-emas-rasa-jeruk/

    BalasHapus