Penyebab Rambut Beruban Di Usia Muda

Penyebab Rambut Beruban Di Usia Muda - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai Penyebab Rambut Beruban Di Usia Muda itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori Penyebab Rambut Beruban Di Usia Muda.

Judul Artikel : Penyebab Rambut Beruban Di Usia Muda

Mari bersama untuk mengkaji Penyebab Rambut Beruban Di Usia Muda supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


Penyebab Rambut Beruban Di Usia Muda

Usia masih muda tapi rambut sudah beruban? Mengapa bisa terjadi?

Rambut beruban memang wajarnya hadir ketika usia memasuki angka 30 tahun ke atas, namun bukan berarti mereka yang masih berusia muda tidak akan memiliki rambut beruban loh.. Rambut beruban terjadi karena adanya perubahan warna dari pigmen rambut yang disebut melanin. Perubahan tersebut terjadi karena kurangnya asupan oksigen dan nutrisi yang diterima batang rambut. Kekurangan asupan oksigen dan nutrisi tersebutlah yang mempengaruhi produksi melanin rambut dan menimbulkan uban. Tanpa melanin, rambut baru yang tumbuh tidak memiliki pigmen sehingga rambut akan berwarna putih, keabu-abuan atau silver.

rambut ubanan

Masyarakat asia pada umumnya akan memiliki uban dimulai sejak usia akhir 30an. Begitu memasuki usia 40an timbulnya uban termasuk hal yang wajar. Namun tidak jarang orang-orang yang berusia di bawah 30 tahun sudah memiliki uban (uban prematur). Penyebabnya beragam, bisa karena faktor genetik, stress dan lain-lain.

Berikut ini beberapa penyebab rambut beruban di usia muda:

1. Tiroid
Kadar tiroid yang kurang atau yang terlalu aktif dapat mempengaruhi produksi melanin di rambut yang memicu uban prematur. 

2. Kekurangan vitamin B12, zink, vitamin C dan E.
Vitamin B12, C, E dan zink berperan sebagai nutrisi untuk rambut. Kondisi kekurangan vitamin-vitamin tersebut dapat memicu timbulnya uban prematur. Kekurangan vitamin seperti ini dapat disebabkan beberapa faktor, yang paling sering adalah karena pola diet yang tidak benar sehingga asupan nutrisi yang diperlukan tubuh menjadi tidak seimbang. Untuk Sobat yang ingin menjalani program diet ada baiknya memilih program diet yang sehat karena bagaimanapun tubuh tetap perlu asupan nutrisi yang memadai untuk menunjang aktifitas. Semoga artikel kami, Tips Diet Sehat ala Dibagiin.com, Masuk Akal dan Efisien dapat menjadi referensi diet sehat untuk Sobat semua.

3. Faktor keturunan
Memiliki rambut beruban di usia muda juga dapat disebabkan karena faktor keturunan. Jika orang tua memiliki rambut beruban, besar kemungkinan anak juga akan memiliki hal yang sama bahkan di usia muda, di bawah 25 tahun.

4. Merokok
Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa mereka yang merokok memiliki kemungkinan 4 kali lebih besar mengalami rambut beruban di usia muda ketimbang mereka yang tidak merokok. Merokok menghasilkan berbagai macam radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, yang berpotensi mengganggu produksi melanin. Jika Sobat bukan perokok namun sering berada diantara orang-orang yang merokok, Sobat juga perlu mewaspadai bahaya yang ditimbulkan ketika Sobat menghirup asap rokok dari rekan Sobat yang sedang merokok, seperti yang telah dibagiin.com ulas secara lengkap pada artikel Bahaya Menjadi Perokok Pasif.

5. Stress
Stress memang berdampak buruk bagi kesehatan, tidak terkecuali kesehatan rambut. Terlalu sering mengalami stress berpotensi menyebabkan rambut rontok dan beruban karena stress juga mempengaruhi produksi melanin dalam tubuh. Menghindari stress bukan hanya bermanfaat agar rambut tidak beruban lebih cepat, tetapi juga berarti menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Atasi stress dengan mendekatkan diri Anda dengan hal-hal yang dapat menstimulasi tawa, karena tawa dapat menjadi terapi dengan manfaat luar biasa bagi kesehatan. Ingin tahu ulasan lengkap terapi tawa? Simak Terapi Tertawa : Apa yang terjadi ketika kita tertawa?

6. Pewarnaan rambut
rambut ubanan
Mungkin Sobat pernah menemui orang yang sering mewarnai rambutnya guna menutupi uban, tapi setelahnya uban justru lebih cepat muncul. Ya, pewarnaan rambut memang bukan solusi yang terbaik untuk mengatasi rambut beruban. Bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam zat pewarna rambut dapat mempengaruhi melanin sehingga semakin sering menggunakan pewarna rambut justru meningkatkan resiko timbulnya rambut beruban di kemudian hari. Resiko yang sama bagi mereka yang sering mewarnai rambut dengan tujuan fashion.

7. Kondisi kesehatan tertentu
Kondisi kesehatan tertentu seperti albino (kondisi dimana seseorang hanya memiliki sedikit atau bahkan tidak memiliki pigmen) akan mempengaruhi perubahan warna pada kulit, mata dan rambut menjadi keabu-abuan dan relatif pucat. Selain albino, kondisi vitiligo (informasi lengkap seputar vitiligo dapat Sobat simak pada artikel Mengenal Penyakit Kulit Vitiligo) atau kelainan sistem imun juga dapat mempengaruhi warna pada kulit (bercak putih pada kulit) dan rambut.
Bicara soal kondisi kesehatan tertentu, di dunia ini ada beberapa kasus gangguan kesehatan aneh yang hingga kini sebagian besar dari kasus tersebut belum ditemui cara penanganya. Apa saja gangguan kesehatan aneh tersebut? Simak 10 Gangguan Kesehatan Paling Aneh Di Dunia.

Perlukah mencabut rambut beruban?

Mencabut rambut yang beruban sering kali dilakukan untuk mengatasi masalah satu ini. Namun cara tersebut bersifat sementara dan justru berdampak buruk bagi kesehatan rambut kita sendiri. Rambut beruban sama halnya dengan rambut normal, tumbuh di bawah kulit yang didalamnya tersimpan banyak saraf dan pada akhirnya akan rontok dengan sendirinya. Mencabut rambut beruban tidak disarankan karena akan mengganggu sistem saraf di dalamnya seperti terganggunya produksi pigmen rambut, pusing dan kebotakan karena folikel yang rusak.



Dan Sekian ulasan Penyebab Rambut Beruban Di Usia Muda

Semoga dengan kajian Penyebab Rambut Beruban Di Usia Muda,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Rambut Beruban Di Usia Muda"

Posting Komentar