Mitos dan Fakta Seputar Diet

Mitos dan Fakta Seputar Diet - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai Mitos dan Fakta Seputar Diet itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori Mitos dan Fakta Seputar Diet.

Judul Artikel : Mitos dan Fakta Seputar Diet

Mari bersama untuk mengkaji Mitos dan Fakta Seputar Diet supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


Mitos dan Fakta Seputar Diet

diet sehatKelebihan berat badan bagi sebagian besar orang merupakan masalah yang 'besar'. Banyak dari mereka yang mengalami berat badan berlebih berupaya susah payah untuk mencapai berat badan yang ideal. Nah, bicara soal diet banyak mitos yang beredar yang sepertinya harus diluruskan. Kesempatan kali ini dibagiin.com akan mengulas mitos-mitos yang beredar seputar diet.

Inilah mitos dan fakta seputar diet :

Mitos : Orang yang sedang program diet dilarang makan telur
Mitos ini muncul karena telur khususnya kuning telur mengandung kadar kolesterol tinggi dan kolesterol tinggi erat kaitanya dengan penyakit kardiovaskular (jantung).

Fakta : Sebagian besar kolesterol diproduksi oleh hati, kita hanya menyerap sekitar 25% dari makanan yang kita konsumsi. Kadar kolesterol dalam tubuh kita lebih dipengaruhi oleh konsumsi makanan yang mengandung lemah jenuh tinggi seperti jeroan, daging merah, minyak makan, dan seafood. Sedangkan telur tidak mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi. Dengan demikian telur aman dimasukkan dalam menu diet tanpa menimbulkan resiko kardiovaskular.

Mitos : Ada beberapa jenis makanan yang dapat membakar lemak
Sobat tentu sering mendengar ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu diet karena dapat membakar lemak seperti ginseng, teh hijau, jeruk, cabai atau lainnya. Karena mitos inilah banyak orang yang sedang menjalani program diet berbondong-bondong membeli teh hijau karena ingin dietnya sukses.

Fakta : Memang benar bahwa ada penelitian yang mengatakan bahwa beberapa jenis makanan dapat meningkatkan metabolisme tubuh, namun persentase peningkatan ini sangat kecil sedangkan tubuh sangat mudah beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi. Jadi ketika kita mengkonsumsi misal teh hijau, metabolisme akan meningkat sedikit (sementara waktu), lalu tubuh akan menyesuaikan. Dalam jangka waktu tertentu maka efek dari teh hijau tersebut pun akan musnah.

Mitos : Minum air es bikin gemuk
Mitos ini muncul karena ada anggapan air es dapat membekukan lapisan lemak di perut dan membuat perut menjadi buncit.

Fakta : Panas atau dingin air tidak berpengaruh terhadap tubuh, tubuh akan selalu menyesuaikan dengan suhu yang masuk. Yang menjadi penyebab kegemukan bukanlah dinginnya, tetapi kalori yang terkandung di dalam minumannya (misal jika Sobat minum milkshake, maka kalori yang terkandung pada milkshake tersebutlah yang menyebabkan kegemukan bukan suhu dinginnya). Untuk mengetahui ulasan lebih lengkap tentang mitos ini, Sobat bisa baca pada artikel sebelumnya, Minum Es Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?

Mitos : Pantangan makan diatas jam 7 malam
Banyak yang meyakini kalau makan diatas jam 7 malam merupakan penghancur program diet karena dapat menyebabkan kegemukan. Mungkin mereka beranggapan setelah makan lalu tidur, maka makanan tidak terpakai lalu menjadi timbunan lemak.

Fakta : Bukan jam berapanya yang menjadi faktor penyebab, tetapi apa yang dimakan, seberapa banyak porsinya, dan seberapa berat aktifitas sepanjang hari itu. Tiga pertanyaan inilah yang menjadi penentu apakah berat badan Sobat akan naik atau stabil. Jam berapa pun makan, tubuh akan tetap menyimpan kelebihan kalori menjadi lemak. Untuk lebih jelasnya sobat bisa baca pada artikel Makan Diatas Jam 7 Malam Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?

Mitos : Lebih baik makan sedikit tapi sering untuk menghindari lapar
Cara ini sering dilakukan oleh mereka yang sedang menjalani program diet. Mereka beranggapan dengan meningkatkan frekuensi makan dengan porsi yang kecil berarti mencegah rasa lapar, harapanya ketika jam makan datang tidak perlu tergoda untuk makan berlebihan.

diet sehatFakta : Makan sering dengan porsi sedikit = makan tiga kali sehari. Jadi pilihannya apakah mau makan sering atau tiga kali saja dalam sehari? Bukan frekuensinya yang harus dipusingkan tetapi sekali lagi jumlah asupan kalorinya yang harus diperhatikan. Cara ini justru seringkali memberi hasil kebalikan dari yang diharapkan. Dengan dalih mencegah lapar, mengkonsumsi snack disela-sela jam makan menjadi pilihan. Masalahnya adalah terkadang kita sendiri tidak paham mana snack yang aman dikonsumsi atau bisa jadi kita malah mengkonsumsi snack yang tinggi kalori.

Mitos : Kalau diet mau cepat sukses, lakukan olahraga berat
Wajar saja jika banyak yang menganjurkan untuk meningkatkan kapasitas olahraga di saat program diet karena beranggapan dengan berolahraga semakin keras maka lemak dalam tubuh akan terbakar makin maksimal.

Fakta : Latihan berat akan membuat kita merasa lapar dan membuat tubuh harus beristirahat lebih lama dari biasanya. Belum lagi mereka yang menjalani program diet biasanya membatasi jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi. Logikanya ketika porsi makan dikurangi namun tubuh dipaksa bekerja jauh lebih berat dari biasanya maka tubuh akan 'berontak', produktifitas dalam pekerjaan sehari-hari pun dapat terganggu. Latihan memang dapat membentu/menguatkan otot-otot, tapi tidak bisa membakar lapisan lemak di atas otot. Buang dulu lemak yang tertimbun dengan menjaga pola makan guna menjaga keseimbangan kalori yang masuk dengan yang keluar, baru setelah itu bentuk dengan berolahraga atau ngegym. Ada olahraga murah meriah yang bisa kita lakukan disela-sela aktifitas baik di kantor atau di tempat kuliah yaitu dengan naik turun tangga. Sobat bisa baca artikel Manfaat Naik Turun Tangga Bagi Kesehatan.

Itulah ulasan mitos dan fakta seputar diet. Mudah-mudahan artikel yang kami susun ini dapat menjadi panduan Sobat yang ingin menjalani program diet.



Dan Sekian ulasan Mitos dan Fakta Seputar Diet

Semoga dengan kajian Mitos dan Fakta Seputar Diet,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mitos dan Fakta Seputar Diet"

Posting Komentar