Ini Alasan Terlalu Banyak Minum Tidak Baik Bagi Kesehatan

Ini Alasan Terlalu Banyak Minum Tidak Baik Bagi Kesehatan - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai Ini Alasan Terlalu Banyak Minum Tidak Baik Bagi Kesehatan itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori Ini Alasan Terlalu Banyak Minum Tidak Baik Bagi Kesehatan.

Judul Artikel : Ini Alasan Terlalu Banyak Minum Tidak Baik Bagi Kesehatan

Mari bersama untuk mengkaji Ini Alasan Terlalu Banyak Minum Tidak Baik Bagi Kesehatan supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


Ini Alasan Terlalu Banyak Minum Tidak Baik Bagi Kesehatan

Ini alasan mengapa terlalu banyak minum tidak baik bagi kesehatanAir merupakan kebutuhan utama tubuh manusia. Air dibutuhkan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang setelah beraktifitas memalui urine atau keringat. Air berfungsi untuk membilas toksin pada organ-organ penting tubuh, membawa nutrisi ke sel tubuh, dan menjaga kelembaban di setiap jaringan. Saat kita berolahraga, metabolisme tubuh akan meningkat karena menyuplai oksigen dan energi ke seluruh tubuh. Otot akan berkontraksi dan pembuluh darah akan melebar yang mengakibatkan aliran darah menjadi lebih cepat. Hasil metabolisme tersebut keluar dalam bentuk keringat sehingga tubuh bisa kekurangan cairan. Itu sebabnya mengapa kita membutuhkan air lebih banyak ketika berolahraga atau melakukan aktifitas berat. 

Walaupun air memiliki peranan dan manfaat yang baik pada tubuh, tetap perlu diperhatikan saat mengkonsumsi air sesuai dengan kebutuhan karena mengkonsumsi air secara berlebihan justru akan memberi dampak buruk bagi kesehatan. 

Pernah dikabarkan seorang wanita asal California, Jennifer Strange (28 tahun) meninggal dunia setelah mengikuti kontes minum air yang disponsori oleh radio lokal di Sacramento, California (2007). Ed Smith, assistant Sacramento county coroner mengatakan bahwa Strange mengalami keracunan air (water intoxication) atau hyponatremia, sebuah kondisi dimana kadar sodium (natrium) dalam tubuh turun drastis di bawah angka normal. (source : articles.latimes.com)

Apa saja yang akan terjadi pada tubuh jika kita terlalu banyak minum? Inilah alasan terlalu banyak minum tidak baik bagi kesehatan kita:

1. Komposisi darah terganggu

Darah kita memiliki plasma darah dengan kekentalan darah secara fisiologis dalam tubuh yang terukur. Terlalu banyak minum dikhawatirkan akan mengganggu kekentalan dalam darah. Lebih luas akan mengganggu peredaran darah dalam tubuh. 

2. Meningkatkan volume darah dalam tubuh

Ketika volume darah dalam tubuh meningkat akan mengganggu kinerja jantung dan sistem pembuluh darah yang tertutup. Kondisi ini akan berakibat kinerja jantung ekstra keras, melebihi kondisi normal dan memberi tekanan berlebih pada sistem pembuluh darah yang tertutup tersebut.

3. Meningkatkan kinerja ginjal dari seharusnya

Ginjal berfungsi untuk menyaring setiap cairan yang masuk ke dalam tubuh. Bagian pada ginjal yang berfungsi sebagai penyaring ini ada pada glomerullus. Bila cairan yang masuk ke dalam tubuh terlalu banyak, maka beban kerja ginjal semakin meningkat. Bila kondisi ini berlangsung terus menerus maka dapat mengakibatkan kerusakan glomerullus, menyebabkan beberapa penyakit ginjal.

4. Resiko Hyponatremia

Hyponatremia adalah kondisi abnormal pada tubuh, dimana darah kekurangan kadar natrium. Natrium adalah mineral elektrolit yang berfungsi untuk membantu mengatur kadar air di dalam dan di sekitar sel-sel tubuh. Bila terlalu banyak minum, natrium pada darah akan menjadi encer dan mengganggu fungsi dari natrium itu sendiri. Dalam kondisi normal, kadar natrium darah darah berkisar antara 135 s/d 145 milmol/liter, namun bagi mereka yang mengalami hyponatremia kadar natrium dalam darah berada di bawah 135 milmol/liter. Ketika kondisi ini terjadi, kadar cairan dalam tubuh akan meningkat dan dapat menyebabkan pembengakan pada sel-sel dalam tubuh. Sel-sel dalam tubuh memang masih dapat mengembang akibat terlalu banyaknya cairan yang masuk karena masih ada ruang di sekitar sel-sel tersebut. Lain halnya dengan sel-sel yang terdapat pada otak karena
sel-sel yang terdapat pada otak terkurung tulang tengkorak yang keras dan tidak memiliki ruang untuk mengembang selayaknya sel-sel pada tubuh. Kondisi inilah yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh kita. Kondisi hyponatremia ringan (lambat) dapat menyebabkan penderita mudah mengantuk, namun hyponatremia yang terjadi secara cepat dapat mengakibatkan intoksikasi air yang berakibat pada rasa mual, sering buang air kecil, halusinasi, disorientasi mental, kejang-kejang, sakit kepala bahkan hingga kematian.

5. Keracunan air (intoksikasi air)

Kondisi ini dikenal dengan hiper-hidrasi atau overhydration, sebuah gangguan potensial dalam fungsi otak yang terjadi ketika keseimbangan elektrolit terganggu karena mengkonsumsi air terlalu banyak, seperti kasus yang dialami oleh Jennifer Strange di atas.

Tips mengkonsumsi air minum

Manusia dianjurkan untuk minum sekitar 2-3 liter air per hari, namun perlu diperhatikan bahwa anjuran ini berlaku hanya untuk mereka dengan kondisi yang sehat karena setiap individu sebenarnya memiliki kebutuhan akan air minum yang berbeda-beda. Orang yang memiliki penyakit ginjal perlu untuk membatasi konsumsi air putih, tidak seperti mereka yang sehat. 
Dengan dalih ingin mendapatkan manfaat air sebesar-besarnya, sobat tidak perlu mengkonsumsi air minum secara berlebihan hingga membabi buta, karena justru akan berdampak buruk pada kesehatan. 

Berikut ini ada beberapa tips yang sudah dibagiin rangkum untuk sobat semua:
    Terlalu banyak minum dapat mengganggu kinerja ginjal, komposisi darah, hingga hyponatremia
  1. Minum air secukupnya dan sewajarnya. Sesuaikan jumlah air minum yang dikonsumsi dengan aktifitas sehari-hari. Sekali lagi, kebutuhan setiap individu terhadap air minum berbeda-beda tergantung kondisi kesehatan, tingkat aktifitas dan lainnya.
  2. Minum secara bertahap. Anjuran minum 8 gelas/hari atau 2-3 liter/hari bukan berarti minum sekaligus dalam satu waktu. Jadi kita tidak perlu minum sampai sekian banyaknya dalam satu waktu bersamaan. Dan perlu diingat bahwa pemenuhan jumlah tersebut juga termasuk jenis minuman lain selain air putih yang kita konsumsi, seperti jus, sup, air dalam buah dan lain-lain.
  3. Kondisi kesehatan mempengaruhi kebutuhan air minum. Telah dijelaskan di atas bahwa kebutuhan setiap individu terhadap air berbeda-beda, salah satunya kondisi kesehatan. Misal orang dengan penyakit ginjal harus membatasi konsumsi air.
  4. Jangan menunggu haus. Banyak orang yang minum hanya ketika haus, sayangnya terkadang kita tidak peka kalau tubuh sebenarnya sudah butuh air (haus). Belum lagi aktifitas yang rendah juga sering tidak menimbulkan rasa haus. Jika kita hanya menunggu haus dikhawatirkan jumlah air yang kita konsumsi dalam satu hari kurang dari porsi yang dibutuhkan tubuh.
  5. Tambah porsi air putih ketika sobat mengkonsumsi obat herbal karena obat herbal banyak mengandung makromolekul yang dapat mengganggu fungsi filtrasi ginjal.



Dan Sekian ulasan Ini Alasan Terlalu Banyak Minum Tidak Baik Bagi Kesehatan

Semoga dengan kajian Ini Alasan Terlalu Banyak Minum Tidak Baik Bagi Kesehatan,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Alasan Terlalu Banyak Minum Tidak Baik Bagi Kesehatan"

Posting Komentar