Tips Mengobati Flu Secara Alami

Tips Mengobati Flu Secara Alami - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai Tips Mengobati Flu Secara Alami itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori Tips Mengobati Flu Secara Alami.

Judul Artikel : Tips Mengobati Flu Secara Alami

Mari bersama untuk mengkaji Tips Mengobati Flu Secara Alami supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


Tips Mengobati Flu Secara Alami

Flu atau biasa disebut pilek merupakan salah satu penyakit yang paling sering dialami seseorang. Flu biasanya disertai dengan batuk dan demam sangat erat kaitannya dengan perubahan cuaca atau iklim. Flu sangat mudah menular, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa virus flu dapat menyebar hingga radius 6 meter. Sebenarnya ada cara-cara untuk mengobati flu secara alami. Namun sebelum membahas tips mengobati flu secara alami, kita ketahui dulu fakta-fakta tentang flu itu sendiri.

    mengatasi flu secara alami
  1. Banyak yang beranggapan ketika kita kedinginan maka kita akan lebih mudah terserang flu. Saat kita keluar rumah ketika cuaca dingin atau hujan, atau mengenakan pakaian yang basah, banyak yang meyakini kita akan terserang flu setelahnya. Ternyata itu hanya mitos. Dr. Jon Abramson, kepala departemen ilmu kesehatan anak di Wake Forest University Baptist Medical Center menjelaskan bahwa hal tersebut tidak meningkatkan kemungkinan seseorang terserang flu. Seseorang mudah terserang flu di musim dingin/musim hujan karena virus flu bersirkulasi lebih banyak ketika musim dingin, bukan kedinginannya yang menyebabkan flu.
  2. Flu biasanya disertai dengan demam. Demam adalah pertanda bahwa tubuh sedang berjuang untuk melawan virus. Peningkatan suhu pada tubuh akan membuat aliran darah menjadi lebih lancar, sehingga protein, nutrisi dan sel-sel pembunuh kuman dapat mengalir lebih baik dan bekerja lebih maksimal. Jadi demam adalah kondisi normal sebagai proses penyembuhan alami yang dilakukan oleh tubuh.
  3. Selain demam, flu juga biasanya disertai dengan batuk. Batuk akan membersihkan saluran pernapasan dari lendir yang dapat membawa kuman ke paru-paru dan ke seluruh tubuh.
  4. Pilek. Ketika aliran darah meningkat, sekresi (pelepasan lendir) pun meningkat. Sekresi membantu membuang kuman keluar dari tubuh.

Selanjutnya mari kita simak tips mengobati flu secara alami:

1. Seringlah membuang ingus

Secara berkala buanglah ingus yang ada pada rongga hidung. Hal ini bertujuan untuk membuang virus atau bakteri yang terkandung di dalam lendir/ingus.

2. Minum air hangat

Saat sedang flu sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi air, khususnya air hangat (bisa air putih hangat, teh hangat, atau mengkonsumsi sup hangat). Tujuan minum banyak air di saat flu untuk menghindari dehidrasi. Air hangat bertujuan untuk melegakan tenggorokan, mengurangi hidung mampet dan uap dari air hangat dapat melegakan rongga hidung. Mandi air hangat ketika flu juga baik untuk membantu meredakan gejala flu.

3. Banyak istirahat

Saat tubuh kelelahan daya tahan tubuh menurun yang menyebabkan mudah terserang flu. Ketika sedang mengalami flu, sebaiknya Sobat banyak beristirahat bila perlu libur bekerja/kuliah untuk sementara waktu agar stamina tubuh kembali normal.

4. Konsumsi buah dan sayur

Mengkonsumsi buah dan sayur, makanan yang banyak mengandung gizi dan vitamin diperlukan ketika sedang flu agar tubuh mendapatkan asupan gizi dan vitamin yang cukup untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

5. Bawang

Bawang mengandung phytochemical yang dapat membantu tubuh melawan infeksi. Bawang juga bisa menjadi katalis dalam mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung. Sobat bisa memasukkan bawang di dalam menu masakan atau Sobat bisa juga menghirup aroma bawang untuk mendapatkan manfaatnya.

6. Berkumur

Ya, berkumur dapat menjadi cara yang sederhana namun cukup ampuh untuk mengatasi flu. Berkumur dapat membersihkan mulut dari bakteri yang dapat memperparah kondisi flu yang Sobat derita. Caranya sangat mudah, Sobat hanya perlu melarutkan garam dengan air hangat untuk berkumur. Selain garam, Sobat bisa menambahkan cuka apel atau sari jahe agar hasilnya lebih maksimal. Selain untuk mengobati flu, air hangat dan garam juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan, seperti yang telah dibagiin.com ulas pada artikel Air Hangat dan Garam, Terapi Sehat Murah Meriah.

7. Madu dan jahe

Madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, begitu pula dengan jahe. Diantara beragam manfaat madu dan jahe, kombinasi keduanya juga dapat meredakan flu. Caranya ambil dua ruas jahe, parut dan ambil sarinya lalu campurkan dengan madu. Minumlah racikan tersebut 3x sehari, mudah-mudahan flu yang Sobat derita mereda.

8. Gunakan uap hangat

Isi baskom dengan air hangat lalu letakan kepala di atas baskom dengan ditutupi handuk bersih. Sama halnya dengan air hangat, uap hangat juga dapat meredakan rongga hidung dan mengencerkan lendir.

9. Konsumsi cabai

Cabai mengandung capsaicin yang berfungsi untuk membersihkan rongga hidung. Saat sedang flu cobalah untuk mengkonsumsi makanan pedas (mengandung cabai), tapi jangan terlalu banyak jangan sampai terkena diare.

Itulah beberapa tips mengobati flu secara alami, semoga artikel ini bermanfaat untuk Sobat dibagiin.com. Jangan lupa membaca artikel-artikel kami untuk mendapatkan informasi-informasi menarik dan bermanfaat lainnya.



Dan Sekian ulasan Tips Mengobati Flu Secara Alami

Semoga dengan kajian Tips Mengobati Flu Secara Alami,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengobati Flu Secara Alami"

Posting Komentar