Bahaya Sinar UV Terhadap Kulit

Bahaya Sinar UV Terhadap Kulit - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai Bahaya Sinar UV Terhadap Kulit itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori Bahaya Sinar UV Terhadap Kulit.

Judul Artikel : Bahaya Sinar UV Terhadap Kulit

Mari bersama untuk mengkaji Bahaya Sinar UV Terhadap Kulit supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


Bahaya Sinar UV Terhadap Kulit

Pada artikel sebelumnya, Inilah Bahayanya Ketika Memandang Sinar Matahari Langsung., telah dibahas apa itu sinar UV dan resiko bahaya terhadap kesehatan mata. Kali ini dibagiin.com akan mengulas bahaya sinar UV terhadap kulit.

Sinar UV terbagi menjadi tiga jenis, yaitu UVA, UVB dan UVC. Untuk mengetahui penjelasan singkat ketiganya silahkan klik link artikel di atas.

Bahaya Sinar UV Terhadap Kulit
Bahaya sinar UV terhadap kulit yang paling sering terjadi adalah ruam atau kemerahan atau kulit terbakar. Ruam atau kemerahan atau kulit terbakar karena paparan sinar UV sebenarnya adalah akibat dari tindakan kulit melindungi tubuh dari paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari dalam jangka waktu lama akan memicu penebalan jaringan kulit terluar dan peningkatan pembentukan pigmen. Pigmen (melanin) adalah zat pelindung alami yang bertugas untuk menyerap radiasi sinar UV agar tidak masuk ke jaringan terdalam. Itulah sebabnya mengapa mereka yang sering beraktifitas di luar ruangan berkulit lebih hitam/menghitam.

Tingkat kepekaan kulit terhadap paparan sinar UV berbeda tergantung ras, warna kulit, dan kondisi kulit secara keseluruhan. Orang berkulit hitam memiliki melanin dalam jumlah yang lebih banyak sehingga relatif lebih kebal terhadap efek dari radiasi sinar UV. Orang kulit putih tidak memiliki melanin sehingga rentan terhadap radiasi sinar UV seperti reaksi kulit terbakar, degenarasi kulit, hingga kanker kulit.


Sinar UV dalam jumlah kecil bermanfaat bagi tubuh guna menghasilkan vitamin D. Namun paparan sinar UV dengan intensitas tinggi berpotensi merusak asam deoxyribonucleid (DNA - bahan genetik tubuh), dan merubah jumlah dan jenis kimia yang membentuk sel jaringan kulit. Kerusakan pada kulit bisa berupa kulit terbakar, penuaan kulit prematur, kulit berkerut hingga kanker kulit. 

Setelah mengetahui bahaya sinar UV terhadap kulit yang telah kita bahas di atas, sebaiknya Sobat mulai memperhatikan dan menjaga kulit dari paparan sinar matahari langsung guna menghindari resiko yang dapat ditimbulkan dari radiasi sinar UV. Di bawah ini beberapa tips melindungi

kulit dari paparan sinar UV:

    Bahaya Sinar UV Terhadap Kulit
  1. Paparan sinar UV dalam jangka panjang meningkatkan resiko kerusakan pada jaringan kulit bahkan dapat menyebabkan kanker kulit. Kerusakan yang ditimbulkan akan sulit untuk diobati dan kulit akan sulit kembali dalam kondisi normal seperti sebelumnya. Resiko kerusakan jaringan kulit tersebut semakin besar pada mereka yang terkena paparan sinar UV dalam jangka panjang sejak usia di bawah 18 tahun. Untuk itu bagi Sobat yang belum genap berusia 18 tahun atau Sobat yang memiliki anak usia dibawah 18 tahun perlu mengingatkan agar lebih aware terhadap kesehatan kulit. 
  2. Gunakan tabir surya ketika beraktifitas di luar ruangan. Penggunaan tabir surya perlu diulangi setiap dua jam sekali karena tabir surya mudah luntur karena keringat. Bila kulit Sobat tergolong sensitif, sebaiknya menggunakan pakaian yang lebih tertutup misal dengan menggunakan lengan panjang.
  3. Jangan enggan untuk menggunakan sunglasses dan topi atau payung saat berada di luar rumah. Mungkin sedikit repot, tapi setidaknya dapat meminimalisir potensi efek buruk dari radiasi sinar UV.
Itulah bahaya sinar UV terhadap kulit yang perlu Sobat ketahui. Semoga informasi yang telah kami sajikan dapat bermanfaat bagi Sobat dibagiin.com semua.



Dan Sekian ulasan Bahaya Sinar UV Terhadap Kulit

Semoga dengan kajian Bahaya Sinar UV Terhadap Kulit,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Sinar UV Terhadap Kulit"

Posting Komentar