Memelihara Kura-Kura Brazil, Indoor atau Outdoor?

Memelihara Kura-Kura Brazil, Indoor atau Outdoor? - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai Memelihara Kura-Kura Brazil, Indoor atau Outdoor? itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori Memelihara Kura-Kura Brazil, Indoor atau Outdoor?.

Judul Artikel : Memelihara Kura-Kura Brazil, Indoor atau Outdoor?

Mari bersama untuk mengkaji Memelihara Kura-Kura Brazil, Indoor atau Outdoor? supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


Memelihara Kura-Kura Brazil, Indoor atau Outdoor?

Bagi sobat yang hobi memeliharai hewan peliharaan (pet), kura-kura brazil bisa menjadi pilihan. Berinteraksi dan melihat tingkah pola kura brazil setelah beraktifitas seharian seolah menjadi terapi agar pikiran menjadi fresh kembali. 

Bayi kura-kura brazil
Memelihara kura-kura brazil bisa dilakukan dengan dua cara, pertama memelihara di ruangan terbuka (outdoor) dengan media pemeliharaan seperti kolam atau memelihara di ruangan tertutup (indoor) dengan media seperti aquarium. Setiap alternatif memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing, yaitu:

Kelebihan memelihara outdoor:
  1. Kura-kura brazil membutuhkan sinar matahari pagi untuk berjemur. Dengan memelihara di luar ruangan kita tidak perlu repot-repot menjemur kura brazil setiap pagi karena kebutuhan akan sinar matahari sudah tercukupi.
  2. Memelihara di luar ruangan (dengan media kolam) biasanya memiliki ruang gerak lebih luas, hal ini membantu meningkatkan proses pertumbuhan kura brazil dan mampu menampung lebih banyak kura brazil dalam satu media.
  3. Pemeliharaan outdoor memungkinkan untuk membangun habitat sealami mungkin dan membuat kura berperilaku layaknya di alam liar.
  4. Tidak memerlukan lampu khusus yang biasanya berharga cukup mahal karena cahaya sudah terpenuhi gratis dari cahaya matahari.
  5. Kura brazil tidak mudah stress.
Kelemahan memelihara outdoor:
  1. Jika kura brazil sobat keluar dari areal pemeliharaan atau hilang, akan sulit untuk mencari kembali mengingat ruang jelajah yang tentunya lebih luas dibandingkan indoor.
  2. Perubahan cuaca akan membuat suhu pada media pemeliharaan menjadi tidak stabil dan sulit terkontrol, tidak seperti pemeliharaan di dalam ruangan dimana suhu air dapat terjaga agar tetap stabil.
  3. Minim perlindungan terhadap predator.
  4. Memakan ruang cukup luas pada halaman untuk membangun kolam sebagai media pemeliharaan kura-kura.
  5. Interaksi dengan kura-kura biasanya berkurang.
Yang perlu diperhatikan untuk memelihara kura brazil secara outdoor:
  1. Tidak membuat habitat yang terlalu sesak dengan kura-kura (jumlah kura-kura melebihi kapasitas kolam) atau menggunakan dekorasi yang berlebihan guna menghindari cedera pada kura-kura dan limbah berlebih pada kolam.
  2. Sebaiknya tetap menggunakan filter untuk menjaga kebersihan air.
  3. Siapkan tempat berteduh untuk kura brazil.


Kelebihan memelihara indoor:

  1. Suhu air yang ideal bagi kura brazil sekitar 20 – 28 derajat celcius. Memeliharai kura brazil secara indoor akan memudahkan kita untuk mengontrol suhu air tersebut misal dengan menggunakan submersible heater.
  2. Ruang jelajah terbatas, sehingga jika kura brazil keluar dari media pemeliharaan (aquarium dll) atau hilang lebih mudah untuk ditemukan dan lebih aman bagi kura brazil itu sendiri dibandingkan outdoor.
  3. Kebersihan media pemeliharaan lebih mudah diawasi dan lebih mudah dibersihkan. Sobat bisa menggunakan filter untuk menjaga kebersihan aquarium.
  4. Lebih terlindung dari predator.
  5. Lebih mudah berinteraksi dan mengamati perkembangan kura brazil.
Kelemahan memelihara indoor:
  1. Perlu perlengkapan yang cukup banyak, seperti aquarium, filter air, heater, basking area dan lampu UV agar habitat buatan dengan media aquarium tersebut mampu mendekati habitat sesungguhnya.
  2. Jika sobat belum memiliki lampu UV, sobat perlu memindahkan kura brazil setiap hari untuk berjemur di bawah sinar matahari langsung.
  3. Kebersihan aquarium harus lebih diperhatikan untuk menjaga kesehatan kura brazil. 
  4. Potensi stress pada kura lebih besar dibandingkan pemeliharaan outdoor.
  5. Ruang gerak kura brazil terbatas.

Jika sobat memilih untuk memelihara kura brazil di dalam ruangan dengan media aquarium, artikel berikutnya akan membahas cara merawat kura brazil dalam aquarium. Semoga informasi sederhana ini bermanfaat bagi sobat semua..



Dan Sekian ulasan Memelihara Kura-Kura Brazil, Indoor atau Outdoor?

Semoga dengan kajian Memelihara Kura-Kura Brazil, Indoor atau Outdoor?,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memelihara Kura-Kura Brazil, Indoor atau Outdoor?"

Posting Komentar