Merawat Kura Brazil Dalam Aquarium

Merawat Kura Brazil Dalam Aquarium - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai Merawat Kura Brazil Dalam Aquarium itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori Merawat Kura Brazil Dalam Aquarium.

Judul Artikel : Merawat Kura Brazil Dalam Aquarium

Mari bersama untuk mengkaji Merawat Kura Brazil Dalam Aquarium supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


Merawat Kura Brazil Dalam Aquarium

Kura-kura brazil atau red-eared slider adalah hewan air, jadi kalau sobat berniat untuk menjadikan kura brazil sebagai hewan peliharaan sobat perlu membuat media atau habitat buatan yang mendekati aslinya. Habitat buatan tersebut bisa dibangun di luar ruangan seperti membuat kolam atau bisa juga di dalam ruangan. Untuk dalam ruangan/indoor, media yang paling tepat adalah aquarium yang terbuat dari kaca atau akrilik karena bahan tersebut relatif aman bagi kura brazil.
Pada artikel Memelihara kura-kura brazil, indoor atau outdoor? dijelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing media pemeliharaan kura-kura brazil. Nah, bagi sobat yang ingin memelihara kura brazil dengan media aquarium, berikut ini hal-hal yang perlu disiapkan dan diperhatikan:

  1. Ukuran aquarium disesuaikan dengan ukuran kura brazil, semakin luas semakin baik. Perlu diingat, bayi kura tidak akan selamanya kecil walau dipelihara ditempat yang kecil.
  2. Tinggi air minimal ¾ panjang tubuh kura brazil.Pengalaman penulis memelihara bayi kura brazil dengan ketinggian air mencapai 20 cm masih aman.
  3. Siapkan dry area atau basking area. Tempat ini yang akan digunakan kura brazil untuk berjemur. Basking area/floating dock bisa sobat beli di toko aquarium  atau membuat sendiri.
    Contoh floating dock
  4. Jika sobat tidak ingin repot setiap hari memindahkan kura brazil untuk berjemur, sobat perlu menyiapkan lampu khusus reptile yang mengandung sinar UV sebagai pengganti sinar matahari. Lampu jenis ini tidak dijual di toko elektronik, sobat bisa mencarinya di toko aquascape atau petshop.Jika belum ada lampu UV sobat perlu menjemur kura brazil setiap pagi di bawah sinar matahari langsung dengan durasi sekitar 15-20 menit. Namun demikian penggunaan lampu tetap diperlukan sebagai penghangat tubuh kura brazil (arahkan lampu ke arah basking area). Menghidupkan lampu tidak perlu 24 jam non-stop, hanya sekitar 8-12 jam sesuai dengan jam biologis karena kura brazil pun butuh istirahat.
  5. Penambahan substrak (dasaran aquarium) dan dekorasi lainnya bersifat optional. Yang perlu sobat perhatikan jangan menggunakan substrak pasir atau batu kerikil yang ukurannya lebih kecil dari mulut kura brazil karena beresiko tertelan. Berdasarkan pengalaman penulis, sebaiknya tidak menggunakan dekorasi tanaman hidup karena kura brazil akan berusaha memakan tanaman tersebut. Resiko yang ditimbulkan aquarium akan cepat kotor karena sisa-sisa tanaman yang hancur dan resiko keracunan dari kandungan tanaman yang dipakai. Jika sobat ingin mendekorasi aquarium sebaiknya mengikuti aliran hardscape, tanpa tanaman hidup.
  6. Jika sobat tinggal di daerah beriklim dingin, sebaiknya sobat menambahkan aquarium dengan submersible heater agar suhu air tetap terjaga di kisaran 20-28 derajat celcius.
    Contoh submersible heater
  7. Perhatikan kebersihan aquarium, lakukan penggantian air secara rutin minimal 2 hari sekali. Kotoran kura brazil cukup besar yang mengakibatkan air dalam aquarium cepat kotor, belum lagi sisa-sisa makanan yang terurai di dalam air. Air aquarium yang kotor berpotensi menyebabkan berkembangnya kuman dan bakteri. Ada baiknya sobat melengkapi aquarium dengan filter untuk membantu membersihkan air dan memperpanjang frekuensi penggantian air aquarium. Sobat bisa menggunakan jenis filter internal (untuk aquarium dengan kedalaman air 20 cm) karena harga filter jenis ini relatif lebih murah dibanding jenis lainnya.
    Contoh filter internal
  8. Segera cuci tangan dengan menggunakan sabun sampai bersih setelah kontak dengan kura brazil dan sangat tidak disarankan untuk mencium kura brazil untuk menghindari perpindahan bakteri salmonella yang mungkin ada pada kura brazil ke tubuh kita. 





Dan Sekian ulasan Merawat Kura Brazil Dalam Aquarium

Semoga dengan kajian Merawat Kura Brazil Dalam Aquarium,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Merawat Kura Brazil Dalam Aquarium"

Posting Komentar