Keuntungan Memotret Dengan Format Raw

Keuntungan Memotret Dengan Format Raw - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai Keuntungan Memotret Dengan Format Raw itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori Keuntungan Memotret Dengan Format Raw.

Judul Artikel : Keuntungan Memotret Dengan Format Raw

Mari bersama untuk mengkaji Keuntungan Memotret Dengan Format Raw supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


Keuntungan Memotret Dengan Format Raw

Pada sebuah kamera prosumer atau DSLR terdapat pilihan format gambar yang dihasilkan, JPEG dan RAW. Apa itu JPEG (Joint Photographic Experts Groupdan RAW (mentah)? 

Prinsip kerja umum pada kamera seperti ini : Saat kita menekan tombol shutter maka kamera merekam data mentah yang ditangkap sensor (format Raw). Kemudian software yang terdapat pada kamera akan memproses dan mengolah beberapa parameter pada data mentah tersebut seperti mengatur saturasi, kontras, seberapa jauh gambar dipertajam, white balance yang sesuai dan lain-lain lalu mengirim hasil pengolahan tersebut ke memory card (format Jpeg). Singkatnya Raw adalah data mentah, Jpeg adalah data matangnya.

ketika kita mensetting kamera pada format Raw, berarti kita memerintahkan kamera untuk langsung mengirim data mentah ke memory card tanpa diolah terlebih dahulu. Sebaliknya, jika kita mensetting kamera pada format Jpeg berarti kita memerintahkan kamera untuk memproses terlebih dahulu data yang direkam sensor sebelum dikirim ke memory card. Namun selama proses pengolahan itu bersifat lossy compression scheme, yang berarti kualitas gambar menjadi berkurang karena efek kompresi.

Raw Setting pada kamera
Sebagian besar fotografer profesional atau hobbies yang serius menggeluti dunia fotografi lebih memilih menggunakan format raw dibandingkan Jpeg. Format Raw memiliki kelebihan dan kekurangannya, diantaranya:

Kelebihan format Raw:

  1. Kita memiliki kontrol penuh terhadap pengaturan parameter-parameter dari file mentah sesuai keinginan.
  2. Opsi pengolahan gambar jauh lebih banyak format Raw dibandingkan Jpeg.
  3. Keleluasaan mengatur white balance di software pengolah Raw tanpa menimbulkan efek artifak posterisasi, tidak seperti jika kita mengubah white balance di format Jpeg.
  4. Terhindar dari kondisi over/under exposure. Kompensasi exposure dapat diatur sesuai kebutuhan.
  5. File foto bersifat murni dan tidak tersentuh. Artinya setelah kita melakukan editing apapun, hasil editing tersebut akan tersimpan dalam informasi/file yang berbeda. Dengan kata lain file mentah kita akan tetap utuh dan dapat dilakukan editing lagi di kemudian hari.
  6. Informasi foto atau data exif lebih lengkap, karena jika kita memotret dengan format Jpeg sebagian data exif akan dihapus guna mengurangi ukuran file dan mempercepat proses.
  7. Kualitas foto dengan format Raw lebih baik, karena format Raw tidak mengalami kompresi seperti format Jpeg.

Kekurangan format Raw:
  1. Ukuran file jauh lebih besar karena tidak mengalami proses kompresi, sehingga memakan cukup banyak ruang memory card. Hal ini tidak akan menjadi masalah bagi sobat yang memiliki kapasitas memory cukup besar.
  2. Memakan waktu pemrosesan lebih lama, baik saat menangkap gambar atau pengolahan gambar di editing software, karena ukuran file yang cukup besar.
  3. Perlu software atau plugin khusus untuk memproses format Raw di komputer.



Dan Sekian ulasan Keuntungan Memotret Dengan Format Raw

Semoga dengan kajian Keuntungan Memotret Dengan Format Raw,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keuntungan Memotret Dengan Format Raw"

Posting Komentar