8 Manfaat Petai Bagi Kesehatan

8 Manfaat Petai Bagi Kesehatan - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai 8 Manfaat Petai Bagi Kesehatan itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori 8 Manfaat Petai Bagi Kesehatan.

Judul Artikel : 8 Manfaat Petai Bagi Kesehatan

Mari bersama untuk mengkaji 8 Manfaat Petai Bagi Kesehatan supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


8 Manfaat Petai Bagi Kesehatan

Petai/pete (Parkisa Speciosa) merupakan pohon tahunan tropika dari suku polong-polongan (Fabaceae). Pohon petai mampu mencapai ketinggian 20 m dengan sedikit cabang.
manfaat petaiBuah petai bisa dimakan mentah sebagai lalapan atau dicampurkan ke dalam masakan tertentu. Petai mampu menambah nafsu makan bagi mereka yang menyukainya. Tapi tidak sedikit pula yang anti mengkonsumsi petai karena aroma nya yang khas dan kuat.
Namun di balik aromanya yang kuat ternyata petai menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat yang diberikan petai, mari kita simak ulasannya.

1. Meredakan depresi & stress

Petai mengandung tryptophan, sejenis protein yang menghasilkan hormon serotonin yang mampu memberi efek rilex, nyaman dan perasaan positif lainnya. Kandungan kalium pada petai juga mampu mengurangi stress. Kalium berfungsi untuk membantu kerja jantung untuk mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Saat kita stress kecepatan metabolisme tubuh meningkat yang dapat menurunkan kadar kalium dalam tubuh. Hal ini dapat diimbangi dengan mengkonnsumsi petai yang tinggi kalium.

2. Sindrom Pramenstruasi (PMS)

PMS sering kali membuat seseorang mengalami perubahan suasana hati dan emosi.  Bagi sobat yang sedang mengalami PMS ada baiknya mengkonsumsi petai karena selain tryptophan, petai juga mengandung vitamin B6 yang dapat mengatur kadar gula darah dan dapat membantu memperbaiki mood seseorang.

Infomari menarik lainnya : 7 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

3. Mencegah anemia

Anemia dapat mengakibatkan 5L (letih, lemah, lesu, lunglai, lemas), tubuh terasa tidak bertenaga, mudah terserang penyakit ringan, pusing dan mual-mual yang tentunya akan mengganggu aktifitas sehari-hari. Jika sobat mengalami gejala anemia sobat bisa mencoba mengkonsumsi petai karena petai mengandung zat besi yang tinggi yang mampu merangsang pembentukan hemoglobin dalam darah.
Manfaat petai bagi kesehatan

4. Menurunkan darah tinggi

Petai ternyata juga mengandung kalium namun rendah garam. Kalium memiliki banyak fungsi, diantaranya sebagai penangkal stroke, hipertensi juga stress. Hal ini membuat petai baik dikonsumsi untuk menghindari resiko darah tinggi atau hipertensi.

5. Baik untuk kesehatan otak

Kandungan vitamin A pada petai ternyata juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi, menjaga kesehatan mata dan otak.

6. Membantu menghentikan kebiasaan merokok

Mengkonsumsi petai ternyata juga mampu membantu seseorang yang ingin berhenti merokok karena kandungan vitamin B6, B12, Kalium dan magnesium pada petai dapat membantu mengatasi kondisi kecanduan nikotin.

7. Melancarkan pencernaan

Petai mengandung serat cukup tinggi, sehingga petai sangat baik untuk pencernaan. Petai juga mampu menetralisir asam lambung serta mengurangi iritasi dengan cara melapisi permukaan dalam lambung. Itu berarti petai juga baik dikonsumsi bagi sobat yang menderita sakit maag.

8. Mengatasi kelelahan

Di dalam petai terdapat kandungan tiga jenis gula yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa sehinnga petai dapat dikonsumsi sebagai makanan penambah tenaga atau untuk mengatasi rasa kelelahan setelah beraktifitas berat.


Itulah beberapa manfaat yang bisa sobat dapatkan dari mengkonsumsi petai. Tapi setelah mengkonsumsi petai pasti banyak dari sobat yang terganggu dengan aromanya yang khas dan kuat. Asam amino yang terdapat dalam petai tinggi unsur nitrogen dan sulfur (belerang) yang akan dirubah menjadi hydrogen sulfida, itulah sebabnya mengapa petai beraroma sangat menyengat. Sobat tidak perlu khawatir, sobat bisa menyimak beberapa tips untuk mengatasi bau mulut.



Dan Sekian ulasan 8 Manfaat Petai Bagi Kesehatan

Semoga dengan kajian 8 Manfaat Petai Bagi Kesehatan,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Manfaat Petai Bagi Kesehatan"

Posting Komentar