Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan

Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan.

Judul Artikel : Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan

Mari bersama untuk mengkaji Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan

Jus wortel ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Berbagai manfaat dapat kita rasakan dengan rutin mengkonsumsi jus wortel, mulai dari kesehatan mata hingga mempercantik kulit.

Manfaat jus wortel untuk kesehatan diantaranya:

1. Meningkatkan kesehatan mata

Manfaat Jus Wortel Untuk KesehatanKandungan betakaroten yang terdapat pada wortel akan diubah oleh hati menjadi vitamin A yang sangat baik bagi kesehatan mata. Sebagai informasi, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan xeroftalmia, kondisi dimana mata tidak dapat memproduksi air mata, kelopak mata membengkak, ulkus kornea dan degenerasi makula. Mengkonsumsi wortel secara rutin dapat memcegah kekurangan vitamin A dan menjaga kesehatan mata.
Salah satu tips untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan menghindari mata dari paparan sinar UV secara langsung, seperti yang telah diulas pada artikel Inilah Bahayanya Ketika Menatap Sinar Matahari Langsung.

2. Mencegah kanker dan penyakit jantung

Pada jus wortel mengandung antioksidan jenis karotenoid, yang berhubungan langsung dengan penurunan resiko kanker payudara pascamenopouse sebanyak 20%. Rutin mengkonsumsi wortel juga dapat menurunkan beberapa jenis kanker lainnya seperti kanker prostat, kanker kandung kemih, kanker paru-paru dan lain-lain. Kandungan yang terdapat pada wortel seperti xanthophylls, gamma-karoten, likopen, lutein, alpha-karoten, falcarinol serta falcarindiol dipercaya merupakan kandungan yang bersifat anti-kanker. Beberapa zat-zat yang terkandung tersebut juga dipercaya dapat membantu tubuh mencegah serangan penyakit/gangguan pada jantung.

3. Menyehatkan paru-paru

Jus wortel sangat baik dalam membantu melindungi sistem pernapasan dari resiko infeksi dan membantu melawan efek buruk dari merokok. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A yang terdapat pada wortel yang terbukti mampu mengurangi resiko emphysema. Emphysema merupakan salah satu jenis chronic obstructive pulmonary disease (COPD), yaitu kondisi ketika kantung-kantung udara di paru-paru perlahan-lahan rusak yang mengakibatkan penderitanya mengalami kesulitan bernapas. Emphysema paling sering diderita oleh perokok, baik perokok aktif atau perokok pasif (untuk mengetahui bahaya seorang perokok pasif, Sobat bisa simak pada artikel Bahaya Menjadi Perokok Pasif).

4. Meningkatkan laktasi

Jus wortel juga baik bagi ibu menyusui karena dapat meningkatkan produksi asi, dan mampu memenuhi kebutuhan kalsium selama kehamilan. Jus wortel juga merupakan pilihan terbaik untuk memberikan asupan vitamin A pada bayi yang masih menyusui.

5. Detoxifikasi

Jus wortel juga bermanfaat sebagai detoxifikasi bagi organ usus besar dan hati. Informasi lebih lengkap mengenai detoxifikasi dapat Sobat simak pada artikel Detoksifikasi, Ayo Bersihkan Racun Dalam Tubuh.

6. Meningkatkan kesehatan kulit

Mengkonsumsi jus wortel secara teratur dapat membuat kulit tampak lebih bersih, halus dan kenyal dan terhindar dari beberapa masalah kulit seperti kulit kering dan lain-lain. Berikut ini beberapa manfaat jus wortel bagi kesehatan kulit kita:
    Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan kulit
  1. Jus wortel kaya akan kalium yang dapat mencegah kulit kekeringan. Mengkonsumsi jus wortel mampu membuat tubuh dan kulit terhidrasi dengan baik.
  2. Wortel mampu mengurangi noda bekas luka.
  3. Jus wortel bersifat anti-imflamasi (anti peradangan), mencegah jerawat, dan membantu mengencangkan kulit. Kandungan antioksidan pada jus wortel juga dapat mencegah beberapa gangguan kulit seperti eksim, dermatitis dan keriput.
  4. Jus wortel dapat membantu mengatasi warna kulit tidak merata yang diakibatkan masalah pigmentasi.
  5. Karotenoid dan antioksidan pada jus wortel dapat meningkatkan imun kulit terhadap paparan sinar matahari dan mampu mengatasi masalah kulit terbakar karena sinar UV. Informasi lebih lengkap mengenai bahaya paparan sinar UV pada kulit dapat disimak pada artikel Bahaya Sinar UV Terhadap Kulit.
  6. Kandungan vitamin C pada wortel membantu produksi kolagen yang bermanfaat guna meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah keriput.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengkonsumsi jus wortel :
  1. Wortel merupakan salah satu jenis buah dengan kandungan gula cukup tinggi. Penderita diabetes sebaiknya menghindari konsumsi jus wortel secara berlebihan.
  2. Pengaplikasian wortel untuk kesehatan kulit biasanya dengan cara mengoleskan bubur wortel ke bagian kulit wajah, namun sebenarnya manfaat wortel untuk kesehatan kulit justru lebih baik jika dikonsumsi secara internal.
  3. Jus wortel sebaiknya segera dikonsumsi begitu dibuat. Jus wortel yang disimpan dalam lemari pendingin dapat bertahan hingga 4 jam sebelum zat dan vitamin penting yang terkandung menjadi rusak.
  4. Untuk memperoleh manfaat dari jus wortel tidak perlu mengkonsumsi secara berlebihan, cukup 200 gram wortel ditambah 100 gram air. Konsumsi wortel berlebihan akan membuat keroten larut dalam lemak dalam jumlah yang berlebihan yang membuat kulit berubah warna menjadi kekuningan atau orange, khususnya di daerah telapak tangan, telapak kaki, lutut dan daerah hidung. Kondisi ini lebih dikenal dengan nama carotenemia. Carotenemia lebih banyak terjadi pada bayi karena biasanya setiap hari diberi asupan wortel. Secara umum carotenemia tidak berbahaya, hanya merubah tampilan kulit dan sering disalahartikan sebagai gejala penyakit lainnya.



Dan Sekian ulasan Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan

Semoga dengan kajian Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan"

Posting Komentar