Inilah Terapi Chiropractic, yang Diduga Penyebab Kematian Gadis Cantik

Inilah Terapi Chiropractic, yang Diduga Penyebab Kematian Gadis Cantik - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai Inilah Terapi Chiropractic, yang Diduga Penyebab Kematian Gadis Cantik itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori Inilah Terapi Chiropractic, yang Diduga Penyebab Kematian Gadis Cantik.

Judul Artikel : Inilah Terapi Chiropractic, yang Diduga Penyebab Kematian Gadis Cantik

Mari bersama untuk mengkaji Inilah Terapi Chiropractic, yang Diduga Penyebab Kematian Gadis Cantik supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


Inilah Terapi Chiropractic, yang Diduga Penyebab Kematian Gadis Cantik

gadis cantik korban dugaan malpraktik terapis chiropracticAllya Siska Nadya (33 tahun), meninggal dunia di RS Pondok Indah, Jakarta Selatan., setelah sebelumnya melakukan terapi chiropractic di daerah Pondok Indah. Awalnya Siska sering merasa nyeri pada leher dan tulang punggung yang ia duga karena sering membawa tas berat berisi laptop. Ia sempat menjalani pengobatan fisioterapi dan pijat biasa, namun karena rasa nyeri tidak hilang maka ia memilih pengobatan terapi chiropractic yang kliniknya berada tidak jauh dari kediamannya di seputaran Pondok Indah.
Pada tanggal 5 Agustus 2015, Siska mendatangi klinik Chiropractic First dan berkonsultasi dengan terapis asing bernama Randal Cafferty. Randal menyarankan Siska untuk melakukan terapi sebanyak 40 kali dengan biaya 17 juta. Karena dalam waktu dekat Siska akan melanjutkan studi ke Perancis, maka jadwal terapi dipadatkan menjadi dua kali sehari. Menganggap itu adalah saran dari seorang ahli, maka Siska menyetujui saran Randal tersebut. Hari berikutnya terapi dilakukan, sang ibu menyaksikan salah satu metode terapi tersebut dilakukan dengan cara Siska tidur tengkurap lalu terapis menggerakkan leher Siska ke kiri dan kanan beberapa kali hingga pada bagian tulang berbunyi krek.
Sepulang dari klinik, bukan kesembuhan yang didapat, justru Siska mengalami sakit luar biasa pada leher hingga menjerit. Siska pun dilarikan ke ruang ICU RS. Pondok Indah guna mendapatkan pertolongan medis. Berdasarkan catatan medis tim dokter RS. Pondok Indah mengungkapkan bahwa Siska mengalami kesemutan pada bagian leher hingga lengan dan pada bagian leher belakangnya mengalami pembengkakan. Untuk memastikan tim dokter berniat melakukan MRI, namun sayang sekitar pukul 06.00 wib tim dokter menyatakan Siska meninggal dunia.

Inilah Chiropractic, Terapi Kesehatan yang Diduga Penyebab Kematian Gadis Cantik

Tindakan malpraktek yang dilakukan terapis chicopractic diduga merupakan penyebab meninggalnya Siska. Lalu apa sebenarnya Chicopractic itu?

Apa itu Chicopractic?

Chiropractic ditemukan oleh Daniel David Palmer di Davenport, Iowa., pada tahun 1895. Menurut American Chiropractic Association, chiropractic merupakan profesi perawatan kesehatan yang berfokus pada gangguan muskuloskeleta dan sistem saraf (misal keluhan nyeri punggung, nyeri leher dan sendi, sakit kepala dll). Chiropractic adalah metode pengobatan untuk membetulkan struktur tulang belakang dengan menggunakan tangan. Chiropractic berasal dari bahasa Yunani, Chiros yang berarti tangan, dan praktitos yang berarti praktis. Chiropractic mempercayai bahwa ada hubungan antara penyakit tertentu dengan perubahan struktur tulang belakang. Dengan memperbaiki posisi tulang belakang seperti seharusnya, diharapkan kondisi pasien akan membaik dan keluhan akan berangsur menghilang. Sepintas chiropractic hampir sama dengan ortopedi, namun ada perbedaan diantara keduanya. Untuk mengetahui perbedaan antaran ortopedi dan chiropractic, Sobat bisa baca pada artikel Apa Bedanya Dokter Spesialis Ortopedi Dengan Chiropractic?

Chiropractic di Indonesia

Saat menulis artikel ini, penulis menemui sedikit kejanggalan akan keberadaan chiropractic khususnya masalah perijinan prakteknya. Dikutip dari website Perchirindo (Perhimpunan Chiropraktis Indonesia) mengatakan bahwa Perchirindo (Perhimpunan Chiropraksi Indonesia) merupakan organisasi mitra pemerintah di bidang kesehatan yang khusus membidangi chiropraksi, dan bertanggungjawab kepada Departemen Kesehatan R.I. Perchirindo bertanggungjawab untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan chiropraksi di Indonesia, mengenai legalitas keberadaan seorang ahli chiropraksi, ketentuan-ketentuan pemerintah mengenai chiropraksi, serta peningkatan ilmu pengetahuan dan riset chiropraksi. Pada salah satu artikel di media online pihak Perchirindo juga menyatakan bahwa memiliki perizinan dari Dinas Kesehatan berstatus pengobatan tradisional. Namun di lain pihak, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dr. Koesmadi, SpOT., mengatakan bahwa perizinan terapi chiropractic bukan di Dinkes melainkan di Dinas Pariwisata seperti pijat spa dan sejenisnya (source : health.detik.com)

Fakta menarik tentang Randall Cafferty, terapis chiropractic yang menangani Siska

Randall CaffertyRandall pernah berkerja pada salah satu klinik yang berada di 981 Civic Center Dr, Vista, California, AS. Pada bulan maret 2013 Randall lulusan Cleveland Chiropractic College of Los Angeles tahun 1989. izin praktek Randall dicabut karena tersandung masalah tindakan tidak profesional dan tindak kriminal. Namun penjelasan lebih detail akan kasus yang menimpanya belum diketahui secara pasti. 
Kasus pelaporan pihak keluarga Siska terhadap dugaan malpraktek Randall (klinik Chiropractic First) masih terus bergulir dan saat ini Randall disinyalir telah meninggalkan Jakarta sejak kejadian ini. 

Klinik Chiropractic First sendiri memiliki kantor pusat di Gedung Tifa lantai 3 di jalan Gatot Subroto, Jakarta., dan memiliki 8 cabang di Jakarta dan 2 cabang di Surabaya. Update informasi terbaru kesemua cabang di Jakarta telah disegel pihak berwajib sehubungan dengan dugaan malpraktek.
terapi chiropractic
Sumber : http://www.chiro.ca.gov/enforcement/march_2013.pdf
Belajar dari kasus di atas, alangkah baiknya kita sebagai konsumen harus lebih cerdas dalam memilih. Jangan hanya karena embel-embel terapisnya dari luar langsung beranggapan bahwa klinik tersebut profesional dan aman. 

Informasi menarik lainnya :
10 gangguan kesehatan paling aneh di dunia

Catatan: Bagi Sobat yang mendengar update terbaru perkembangan kasus ini bisa berbagi melalui kolom komentar.



Dan Sekian ulasan Inilah Terapi Chiropractic, yang Diduga Penyebab Kematian Gadis Cantik

Semoga dengan kajian Inilah Terapi Chiropractic, yang Diduga Penyebab Kematian Gadis Cantik,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Terapi Chiropractic, yang Diduga Penyebab Kematian Gadis Cantik"

Posting Komentar