5 Manfaat Hewan Peliharaan Untuk Perkembangan Anak

5 Manfaat Hewan Peliharaan Untuk Perkembangan Anak - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai 5 Manfaat Hewan Peliharaan Untuk Perkembangan Anak itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori 5 Manfaat Hewan Peliharaan Untuk Perkembangan Anak.

Judul Artikel : 5 Manfaat Hewan Peliharaan Untuk Perkembangan Anak

Mari bersama untuk mengkaji 5 Manfaat Hewan Peliharaan Untuk Perkembangan Anak supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


5 Manfaat Hewan Peliharaan Untuk Perkembangan Anak

5 manfaat hewan peliharaan untuk perkembangan anakMemiliki hewan peliharaan dapat menjadi hobi yang menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga. Hewan peliharaan dapat beragam, mulai dari anjing, kucing, burung, ikan dan lain-lain. Pada artikel sebelumnya dibagiin telah membahas salah satu hewan peliharaan unik, kura-kura brazil. Berinteraksi dengan hewan peliharaan mampu mengurangi stress setelah beraktifitas seharian. Memelihara hewan peliharaan ternyata juga memberikan dampak positif bagi perkembangan anak-anak. 

Berikut ini 5 manfaat hewan peliharaan untuk perkembangan anak:

1. Meningkatkan rasa tanggung jawab dan kepercayaan diri

Menyelesaikan tugas-tugas seperti memandikan anjing atau membersihkan kandang burung memberikan anak-anak rasa tanggung jawab & kepercayaan diri ketika berhasil menyelesaikan tugas. Kegiatan merawat hewan peliharaan juga dapat meningkatkan rasa empati anak terhadap makhluk hidup. Dalam sebuah penelitian di Kansas State University pada anak-anak usia prasekolah, mereka yang memiliki kucing atau anjing menunjukkan rasa empati lebih besar dibandingkan dengan anak-anak prasekolah yang tidak memiliki hewan peliharaan.

2. Membantu proses belajar anak

Para tenaga pengajar telah lama mengetahui bahwa hewan peliharaan dapat menjadi terapi (kebanyakan anjing) untuk membantu perkembangan proses belajar anak. Dalam sebuah penelitian, anak-anak diminta untuk membaca di depan rekan, orang dewasa, dan anjing. Peneliti memonitor tingkat stres mereka, dan menemukan bahwa anak-anak yang paling santai adalah mereka yang membaca di depan hewan peliharaan, bukan manusia. Mereka menemukan bahwa anak-anak bisa lebih rileks karena anak-anak menganggap hewan peliharaan selayaknya 'seorang sahabat yang tidak menghakimi'.

3. Memberikan rasa nyaman 

Hewan menawarkan kenyamanan dan persahabatan untuk anak-anak. Tidak peduli apa suasana hati mereka, anak-anak menemukan support dan rasa aman dari hewan pendamping mereka. Anak-anak dengan hewan peliharaan sebagai sahabat memiliki tingkat stress lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.

4. Menurunkan resiko alergi

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang tumbuh di rumah dengan hewan peliharaan cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dan lebih kecil kemungkinannya terhadap perkembangan alergi dan asma. Penelitian yang dilakukan oleh psikolog kesehatan Dr Juni McNicholas dari University of Warwick dan perusahaan 
obat Novartis Animal Health menguji air liur 138 anak berusia antara 4 hingga 11 tahun untuk mengetahui kualitas antibodi immunoglobulin A (igA antibodi), antibodi yang ditemukan dalam sistem kekebalan tubuh yang membantu melawan infeksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak-yang memiliki hewan peliharaan lebih mampu menangkis infeksi seperti pilek dan flu lebih baik daripada anak-anak tanpa hewan peliharaan. (source : news.bbc.co.uk)

5. Meningkatkan komunikasi keluarga

Memiliki hewan peliharaan, yang sering dijadikan sebagai objek aktifitas bersama dapat membantu untuk membangun ikatan keluarga. Misalkan berjalan bersama-sama dengan membawa anjing peliharaan, memandikan atau memberi makan hewan peliharaan bersama. Kegiatan-kegiatan sederhana namun menyenangkan yang dapat membuat semua anggota keluarga merasa santai, menikmati kebersamaan dan berkomunikasi satu sama lain.

Itulah 5 manfaat hewan peliharaan untuk perkembangan anak. Berikut ini dibagiin juga rangkum tips aman memelihara hewan peliharaan untuk anak:
    5 manfaat hewan peliharaan untuk perkembangan anak
  1. Perhatikan ukuran hewan peliharaan. Jangan memilih hewan dengan ukuran terlalu besar atau terlalu kecil. Hewan yang terlalu besar beresiko melukai khususnya bagi balita karena ukuran tubuhnya, sedangkan hewan yang terlalu kecil mudah dilukai anak balita karena kemungkinan mereka belum mengerti dan menganggap itu hanya boneka biasa.
  2. Pilih jenisnya. Hewan peliharaan seperti anjing, kucing, burung atau ikan dapat menjadi pilihan untuk menjadi hewan peliharaan bagi si kecil karena relatif aman dan mudah dalam perawatan. Hindari hewan berjenis reptil karena reptil sangat mudah terinfeksi bakteri (lihat artikel sebelumnya yang mengulas bahaya bakteri salmonella), dan hewan seperti tikus putih karena air urine hewan tersebut berbahaya jika mencemari makanan.
  3. Temani anak saat bermain dengan hewan peliharaan. Hal ini perlu dilakukan karena anak-anak belum dapat menebak perangai hewan peliharaan, dan lagi resiko terluka secara tidak sengaja (misal tercakar atau lainnya).
  4. Ajari anak untuk selalu mencuci tangan setelah bermain dengan hewan peliharaan. Beritahukan kepada anak mengapa kita harus mencuci tangan dan kaki setelah bermain dengan hewan peliharaan agar mereka mengerti manfaatnya.
  5. Pastikan kesehatan dan kebersihan hewan peliharaan dan media pemeliharaannya (kandang atau lainnya).



Dan Sekian ulasan 5 Manfaat Hewan Peliharaan Untuk Perkembangan Anak

Semoga dengan kajian 5 Manfaat Hewan Peliharaan Untuk Perkembangan Anak,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Manfaat Hewan Peliharaan Untuk Perkembangan Anak"

Posting Komentar