Waspadai Kesemutan, Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius

Waspadai Kesemutan, Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai Waspadai Kesemutan, Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori Waspadai Kesemutan, Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius.

Judul Artikel : Waspadai Kesemutan, Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius

Mari bersama untuk mengkaji Waspadai Kesemutan, Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


Waspadai Kesemutan, Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius

Sobat pasti pernah mengalami apa yang namanya kesemutan. Saat mengalami kesemutan, biasanya kita hanya menggerak-gerakkan bagian yang kesemutan sambil memijat pelan, lalu perlahan rasa kesemutan pun hilang. Tapi kita perlu mewaspadai kesemutan, karena bisa jadi itu pertanda penyakit serius pada tubuh. 

Dalam ilmu kedokteran kesemutan disebut parestesia yang berarti sensasi panas, dingin atau sensasi seperti dirambati sesuatu pada bagian permukaan tubuh. Parestesia tidak dipicu dari rangsangan luar dan merupakan iritasi pada selaput saraf yang menimbulkan sensasi kesemutan.

Penyebab kesemutan:


Kesemutan atau parestesia terjadi jika ada saraf dan pembuluh darah yang tertekan yang mengakibatkan saraf dan aliran darah tertanggu. Misalnya duduk bersimpuh terlalu lama, bagian tubuh tertentu tertekan dalam waktu lama, dan lain-lain. Biasanya kesemutan akan hilang perlahan dengan cara bagian yang kesemutan digerak-gerakkan. Namun ada beberapa kondisi kesemutan yang harus diwaspadai merupakan gejala penyakit serius, diantaranya:
  1. Kesemutan tidak terjadi karena hal-hal disebutkan di atas (muncul begitu saja).
  2. Kesemutan tidak mereda walau bagian yang kesemutan telah digerak-gerakkan dan dipijat.
  3. Awal kesemutan pada bagian kecil pada tubuh lalu mulai merambat semakin luas.
  4. Awalnya kesemutan jarang terjadi namun kelamaan frekuensi kesemutan semakin sering terjadi.
  5. Kesemutan yang menimbulkan rasa kebal.
Jika sobat mengalami gejala-gejala seperti di atas, ada baiknya sobat memeriksakan kondisi tersebut ke dokter. Dokter akan meneliti bagian tubuh mana yang mengalami kesemutan, luas areanya, bagian tubuh awal yang mengalami kesemutan dan perkembangannya. Informasi yang didapat akan menunjukkan penyebab masalah.

Beberapa gangguan kesehatan serius yang diawali dengan kesemutan, diantaranya:

1. Radang sumsum tulang belakang (myelitis)

Radang sumsum tulang belakang terjadi pada orang dewasa. Gejala awal kesemutan yang disertai flu berat. Kesemutan tersebut akan berkembang dan semakin parah mulai dari ujung jari kaki hingga ke pusar. Rasa kesemutan kelamaan akan berubah menjadi rasa tebal di permukaan kulit, lalu penderita akan mengalami kesulitan berjalan. Radang sumsum tulang belakang disebabkan oleh virus cytomegalovirus (CMV) yang meyebabkan penderita tidak mampu mengontrol buang air kecil dan kesulitan buang air besar. 

2. Diabetes Melitus atau kencing manis

Pada penderita diabetes melitus, kesemutan merupakan gejala kerusakan pada pembuluh darah yang mengakibatkan darah yang mengalir pada ujung-ujung saraf berkurang. Gejala yang timbul biasanya telapak kaki terasa tebal, terkadang terasa panas dan terus menerus kesemutan di bagian ujung jari yang di sertai rasa nyeri berat, telapak kaki terasa seperti ditusuk tusuk terutama pada malam hari.

3. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)


Carpal Tunnel Syndrome (CTS) adalah penyakit yang disebabkan karena terganggunya saraf tengah karena tekanan yang terjadi pada bagian pergelangan tangan. Penyakit ini biasanya diakibatkan karena terlalu sering menggunakan keyboard dan mouse. Gejalanya terjadi kesemutan pada ujung jari biasanya sebelah kanan yang kemudian berkembang menjadi rasa kebas saat digunakan beraktifitas. Hal ini berkaitan dengan pembesaran otot otot pada pergelangan tangan (karpal) sehingga menekan saraf yang melewati rongga tersebut. Jika dibiarkan dalam waktu lama (misal 1 sampai 2 tahun), CTS akan menjadi gangguan serius bagi penderita. Tekanan otot pada saraf akan mengakibatkan terganggunya aliran darah sehingga otot-otot kekurangan nutrisi, mengecil dan menurunkan kekuatan otot.

4. Jantung

Kesemutan di sini ditimbulkan karena adanya komplikasi jantung dan sarafnya. Hal ini bisa terjadi jika seseorang menjalani operasi pemasangan klep jantung, ada gumpalan/bekuan darah yang menempel, terbawa aliran darah ke bagian otak yang kemungkinan menyumbat salah satu pembuluh darah pada otak. Jika penyumbatan berada pada daerah yang mengatur sistem sensorik akan mengakibatkan kesemutan pada penderita. Namun jika penyumbatan pada daerah yang mengatur sistem motorik, kesemutan dapat berujung kelumpuhan.

5. Reumatik

Reumatik dapat menimbulkan sensasi kesemutan karena adanya saraf yang terjepit pada persendian. Kesemutan yang disebabkan reumatik biasanya akan hilang bersamaan dengan sembuhnya reumatik.

6. Stroke

Kesemutan dapat menjadi pertanda awal stroke ringan. Hal ini disebabkan karena penyumbatan pada saraf otak yang mengakibatkan kerusakan pada saraf setempat. Gejala-gejala lain yang muncul biasanya rasa kebas dan lumpuh pada separuh badan, gangguan penglihatan (penglihatan ganda, kabur), kesulitan berbicara, pusing.

Beberapa artikel menarik lainnya yang bisa sobat baca:
Meningkatkan kualitas tidur dengan tidur tanpa bantal
Waspadai bakteri salmonella di sekitar kita



Dan Sekian ulasan Waspadai Kesemutan, Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius

Semoga dengan kajian Waspadai Kesemutan, Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspadai Kesemutan, Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius"

Posting Komentar