Tips Fotografi Untuk Pemula

Tips Fotografi Untuk Pemula - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai Tips Fotografi Untuk Pemula itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori Tips Fotografi Untuk Pemula.

Judul Artikel : Tips Fotografi Untuk Pemula

Mari bersama untuk mengkaji Tips Fotografi Untuk Pemula supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


Tips Fotografi Untuk Pemula

Fotografi berasal dari bahasa Yunani yaitu "photos" : Cahaya, dan "Grafo" : Melukis/menulis. Adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya (Wikipedia)

Ada banyak definisi tentang fotografi yang dikemukakan para pakar. Sedangkan bagi saya fotografi ada kegiatan menangkap objek atau mengabadikan moment dengan cara yang lebih kreatif, artistik dan menarik.


Untuk dapat menghasilkan foto yang menarik diperlukan tiga faktor utama. Faktor pertama adalah cahaya. Tanpa adanya cahaya atau
pencahayaan yang baik sangat sulit untuk bisa menghasilkan hasil karya yang bagus. Faktor kedua sang fotografer. Seorang fotografer dituntut untuk memiliki teknik dan pengetahuan yang baik untuk bisa menghasilkan karya yang baik. Menurut saya predikat fotografer tidak terlihat dari embel-embel kata 'photograpy'., 'photowork'., dll di akun jejaring sosialnya, namun hasil karyanya lah yang menunjukkan apakah dia seorang fotografer atau hanya 'tukang foto'. Faktor ketiga adalah kamera. Cahaya baik, fotografer handal, kalau tidak ada kameranya mau bagaimana? Disini banyak fotografer pemula yang terjebak dengan paradigma yang salah. Banyak dari mereka yang beranggapan dengan memiliki kamera kelas pro akan membuat foto-fotonya pun berkelas pro. 


Dalam dunia fotografi ada banyak ilmu yang bisa kita pelajari. Saya bukanlah seorang ahli fotografi, saya hanya seorang yang menggeluti dunia fotografi sebatas hobi. Tapi saya akan coba membagikan apa yang telah saya pelajari dengan harapan dapat membantu sobat yang baru masuk dunia fotografi.

Berikut ini tips-tips fotografi untuk pemula:

  1. Memahami Segitita Exposure (ISO, Shutter Speed dan Aperture).
  2. Memahami Point of InterestKomposisi & Rule of Thirds.
  3. Jangan bosan untuk mencari referensi ilmu via internet atau contoh foto-foto dari fotografer terkenal. Sah-sah saja jika sobat meniru ide mereka asal tidak copy paste. Kita tidak akan menjadi hebat dengan menjadi seorang pembajak.
  4. Berlatih, berlatih dan berlatih. Kamera memang memiliki usia pakai (Shutter count), tapi jangan jadikan ini momok bagi sobat untuk berlatih. Pengalaman saya, untuk mendapatkan satu foto yang saya rasa cukup baik terkadang saya perlu men shoot belasan hingga puluhan kali.
  5. Jangan terburu-buru mengupgrade gear sobat. Ingatlah bahwa kamera mewah tidak menjamin akan menghasilkan foto berkualitas tapi justru teknik dan pengetahuan sang fotografer lah yang menjadi penentunya.
  6. Bergabung dengan komunitas fotografi baik online maupun offline. Upload foto sobat di komunitas fotografi online yang sobat ikuti, minta saran dan masukan dari anggota lainya.

Hidup itu bagai fotografi, sebuah perjalanan akan pelajaran yang tiada henti. Fokus pada hal penting, jika hasilnya kurang maksimal ulangi lagi hingga mendapatkan foto terbaik.


Baiklah sobat, siapkan kamera sobat mari kita abadikan dunia yang indah ini agar semakin terlihat indah..








Dan Sekian ulasan Tips Fotografi Untuk Pemula

Semoga dengan kajian Tips Fotografi Untuk Pemula,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Fotografi Untuk Pemula"

Posting Komentar