Memahami Komposisi Pada Fotografi

Memahami Komposisi Pada Fotografi - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai Memahami Komposisi Pada Fotografi itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori Memahami Komposisi Pada Fotografi.

Judul Artikel : Memahami Komposisi Pada Fotografi

Mari bersama untuk mengkaji Memahami Komposisi Pada Fotografi supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


Memahami Komposisi Pada Fotografi

Komposisi dalam arti sederhana adalah susunan. Dalam fotografi komposisi adalah cara atau pengetahuan untuk menyusun elemen-elemen penting sehingga menjadi satu kesatuan dalam sebuah foto dengan tujuan memberi keseimbangan objek yang ada dalam foto tersebut. 

Untuk dapat mengatur komposisi yang baik, kita harus melatih kepekaan mata untuk melihat dan menangkap elemen-elemen penting guna mendukung dan menguatkan foto yang dihasilkan.


Elemen penting tersebut diantaranya:

Garis. Garis dapat menimbulkan kesan kedalaman atau pergerakan dalam sebuah gambar. Ketika garis kita tangkap sebagai subjek, maka foto yang dihasilkan akan menarik perhatian tidak penting apakah garis tersebut merupakan garis lurus, melengkung ataupun melingkar.


Shape. Untuk menampilkan bentuk shape yang menonjol, sobat perlu memisahkan shape yang sobat pilih dari lingkungan sekitar atau dari background yang terlalu ramai. Hal ini akan semakin menguatkan kesan abstrak pada foto yang dihasilkan. Bentuk shape yang biasanya dipilih adalah bentuk kotak atau lingkaran.

Teksture. Berupa tatanan yang memberi kesan keadaan atau bentuk permukaan objek (halus, kasar beratura/tidak beraturan, dll). Kepekaan mata kita menjadi modal utama untuk dapat menangkap teksture di sekitar kita.

Warna. Warna warni yang dikomposisikan dengan baik akan memberi kesan elegan dan dinamis pada sebuah foto. Penyusunan warna yang baik akan memberi kesan keceriaan, keserasian dan keindahan pada sebuah foto. 

Patterns. Pattern merupakan pengulangan garis, shape atau warna. Pattern akan membuat foto menjadi menarik dan memberi kesan harmonis. Namun perlu diingat bahwa terlalu banyak pattern juga beresiko membuat gambar menjadi membosankan. Tips mengatasinya adalah menempatakan objek menarik lain sebagai variasi untuk menangkap perhatian yang melihat.

Gelap dan terang. Jika kita dapat mengaplikasikan komposisi gelap terang ini dengan baik, maka kita akan mendapatkan kontras akan gelap dan terang dan dapat memberi penekanan visualitas pada objek. Yang perlu diperhatikan adalah arah/sumber cahaya, objek lain yang mengganggu komposisi. 

Dalam mengatur komposisi kita harus menentukan objek utama (Point of Interest), dan memperhatikan peletakan objek (Rule of Third).

Semoga informasi sederhana ini membantu sobat semua..



Dan Sekian ulasan Memahami Komposisi Pada Fotografi

Semoga dengan kajian Memahami Komposisi Pada Fotografi,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memahami Komposisi Pada Fotografi"

Posting Komentar