Manfaat Naik Turun Tangga Bagi Kesehatan

Manfaat Naik Turun Tangga Bagi Kesehatan - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai Manfaat Naik Turun Tangga Bagi Kesehatan itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori Manfaat Naik Turun Tangga Bagi Kesehatan.

Judul Artikel : Manfaat Naik Turun Tangga Bagi Kesehatan

Mari bersama untuk mengkaji Manfaat Naik Turun Tangga Bagi Kesehatan supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


Manfaat Naik Turun Tangga Bagi Kesehatan

Bagi sobat yang sedang kuliah atau bekerja pada sebuah perusahaan/kantor yang memiliki beberapa lantai, saya yakin sobat lebih memilih menggunakan lift sebagai akses naik turun dari lantai a ke lantai b ketimbang menggunakan tangga. Tangga benar-benar hanya berfungsi sebagai 'emergency exit', digunakan hanya jika terjadi kondisi darurat. Tapi tahukah sobat jika naik turun tangga memberi dampak positif bagi tubuh kita? Tahukah Sobat jika ada manfaat naik turun tangga bagi kesehatan kita?

membakar kalori dengan naik turun tangga
Burn calories, not electricity
Penulis mengalami sendiri manfaat dari beraktifitas naik turun tangga secara rutin, tubuh saya menjadi terasa lebih bugar dan selama 4 bulan melakukan aktifitas ini secara rutin, berat badan turun sebanyak 6 kg (penulis tidak melakukan diet ketat, hanya menjaga pola makan dan mengurangi konsumsi makanan berlemak).

Berikut ini beberapa cara dan manfaat yang bisa sobat dapatkan dari aktifitas naik turun tangga:

Anaerobic Fitness

membakar kalori dengan naik turun tanggaAnaerobic adalah latihan dengan intensitas tinggi dengan jangka waktu yang pendek. Latihan anaerobic membuat tubuh tidak dapat memasok cukup oksigen yang dibutuhkan dalam proses sintesis energi. Karena oksigen yang terkirim ke sel tidak memadai maka tubuh mulai membakar karbohidrat yang menghasilkan pembakaran kalori lebih banyak. Anaerobic Fitness mampu melatih kekuatan dan massa otot dan meningkatkan laju metabolisme tubuh. Sobat bisa melakukan anaerobic dengan menggunakan tangga dengan cara menaiki tangga dengan cepat seperti berlari.

Aerobic Fitness

Saat sobat melakukan naik turun tangga secara teratur, organ kardiovaskular dilatih untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh secara bertahap yang biasa disebut aerobic fitness. Tahap awal tubuh akan terasa lelah, nafas tersengal-sengal namun perlahan-lahan jantung akan terlatih sehingga lebih sehat dan lebih bugar.
Aerobic Fitness juga bermanfaat untuk membakar lemak dalam tubuh dan melatih otot-otot pada tubuh kita, dalam hal ini otot yang paling merasakan pengaruhnya adalah otot kaki, betis hingga pangkal paha.

Baca juga info menarik lainya: Detoksifikasi, Ayo bersihkan racun dalam tubuh

Membentuk dan menguatkan otot

Dengan melakukan aktifitas naik turun tangga secara rutin sobat dapat melatih dan menguatkan otot-otot terutama di daerah kaki, paha, pinggul hingga perut. Coba sobat perhatikan, awal-awal melakukan aktifitas seperti ini otot-otot pada bagian tertentu akan terasa sakit dan pegal tapi lama-kelamaan kita tidak lagi merasakan sakit seperti sebelumnya. Itu berarti otot-otot sobat sudah lebih baik dan lebih kuat.

Menurunkan berat badan

Beraktifitas naik turun tangga dapat membakar lemak dan kalori yang ada pada tubuh kita. Bagi sobat yang sedang menjalani program diet, aktifitas naik turun tangga dapat membantu memaksimalkan hasil dari program diet yang sobat jalani. Berbicara soal berat badan, ada mitos yang beredar di masyarakat bahwa makan di atas jam 7 malam dapat menyebabkan kegemukan. Untuk mengetahui fakta dibalik mitos tersebut, sobat bisa baca ulasannya pada artikel Makan Diatas Jam 7 Malam Bikin Gemuk, Mitos Atau Fakta?.

Memperkuat jantung

Kalori yang terbakar saat melakukan aktifitas naik turun tangga ternyata memberi manfaat yang besar pada kesehatan jantung kita. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan melakukan aktifitas naik turun tangga secara rutin sama artinya dengan melakukan cardio training yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan melatih jantung agar lebih sehat dan tidak mudah lelah saat melakukan aktifitas berat.


Kenapa harus naik turun tangga? Pola hidup zaman sekarang menuntut seseorang untuk melakukan segalanya dengan cepat, bahkan tidak jarang kita harus ber multitasking untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan tepat waktu. Dan bagi sebagian besar orang, kegiatan atau pekerjaan mereka sehari-hari tidak banyak melibatkan aktifitas tubuh secara dominan. Sobat bisa simak Resiko Bekerja Terlalu Lama di Depan Komputer. Mungkin sobat tidak punya waktu untuk berolahraga atau pergi ke gym secara rutin. Atau mungkin sobat masih bisa meluangkan waktu tapi hanya seminggu sekali, sisanya sobat habiskan dengan menjalani pola hidup kurang sehat (kurang gerak, mengkonsumsi junk food, dll). Sedangkan berolahraga atau nge gym baru akan memberikan hasil jika dilakukan secara rutin. Lalu kenapa tidak manfaatkan tangga yang ada di kantor, tempat kuliah, mall atau lainnya sebagai sarana untuk berolahraga? 



Dan Sekian ulasan Manfaat Naik Turun Tangga Bagi Kesehatan

Semoga dengan kajian Manfaat Naik Turun Tangga Bagi Kesehatan,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Naik Turun Tangga Bagi Kesehatan"

Posting Komentar