5 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

5 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai 5 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori 5 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan.

Judul Artikel : 5 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

Mari bersama untuk mengkaji 5 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


5 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

manfaat tidur siang bagi kesehatan tubuhTidur merupakan kebutuhan alamiah manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran setelah beraktifitas sepanjang hari. Tidur yang berkualitas dapat memberikan dampak positif pada tubuh, mengembalikan stamina dan kesegaran. Pada artikel sebelumnya telah dibahas salah satu tips meningkatkan kualitas tidur dengan tidur tanpa bantal. Malam hari merupakan jam ideal bagi kita untuk tidur, namun ada beberapa orang di sela-sela kesibukannya di siang hari menyempatkan diri untuk tidur sejenak. Sehubungan dengan hal tersebut, dibagiin telah melakukan jajak pendapat yang melibatkan 50 responden dari berbagai sumber. Dalam jajak pendapat tersebut, kami mengelompokkan empat kegiatan umum yang bisa dilakukan di saat jam istirahat siang :
1. Menggunakan smartphone (bersosial media, gaming, dan lain-lain)
2. Tidur siang
3. Membaca buku (tabloid, novel, majalah dan lain-lain)
4. Menonton TV
Kemudian kami meminta para responden untuk memilih satu dari empat option tersebut, kegiatan apa yang biasa mereka lakukan di saat jam istirahat siang. Hasil dari jajak pendapat tersebut menyatakan sebanyak 15 orang memilih menggunakan smartphone (30%) ; 26 orang memilih untuk tidur siang (52%) ; 3 orang memilih membaca buku (6%) ; 6 orang memilih menonton TV (12%).

Dari sample tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa sebagian besar orang masih lebih memilih untuk memanfaatkan waktu istirahat siang mereka dengan tidur siang. Lalu adakah manfaat yang bisa didapat oleh mereka yang memilih tidur siang? 

Inilah 5 manfaat tidur siang bagi kesehatan:

1. Meningkatkan daya ingat otak

Tidur siang mampu meningkatkan daya ingat pada otak, sangat baik khususnya bagi orang tua (lansia) Karena dengan bertambahnya usia, daya ingat cenderung menurun. Bagi anak-anak, dapat meningkatkan kerja otak dalam mengingat sesuatu. Mereka belajar, menghafal setiap pelajaran yang mereka dapatkan disekolah, tidur siang dapat membantu otak untuk beristirahat dengan demikian meningkatkan kesehatan otak dan daya ingat.

2. Meningkatkan produktifitas

manfaat kesehatan bagi tubuh dan produktifitasTidur siang ternyata mampu meningkatkan produktivitas kerja anda. Mereka yang terlalu lelah tenaga atau pikiran, merasa suntuk dan mengantuk tentu tidak akan dapat bekerja dengan maksimal. Ketika Sobat mulai merasakan hal-hal tersebut, ada baiknya meluangkan waktu untuk tidur siang selama kurang lebih 30 menit agar stamina kembali pulih dan produktivitas kerja anda meningkat. Meluangkan waktu untuk tidur siang selama kurang lebih 30 menit tidak akan menjadi waktu yang terbuang sia-sia dibandingkan Sobat memaksakan diri untuk terus bekerja dengan tubuh yang kelelahan karena hasil kerja pun tidak akan maksimal.

3. Mengurangi stress

Menurut ilmuwan napologist Sara Mednick,c., tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensorik sama baiknya dengan tidur malam. Mednick menjelaskan lebih lanjut bahwa saat tidur siang produksi serotonin meningkat yang dapat menciptakan suasana positif, meningkatkan kreatifitas dan perasaan nyaman lainnya. Serotonin adalah bahan kimia otak yang dapat membantu memperbaiki suasana hati dan mengurangi kesedihan dan depresi. Kelelahan dan aktifitas otak terus menerus dapat memicu stress, dan stress dapat menurunkan kadar serotonin dalam tubuh sehingga muncul perasaan cemas, mudah marah, tidak tenang dan lainnya. Untuk itu tidur siang diperlukan untuk menghindari stress dan meningkatkan produksi serotonin yang bermanfaat bagi tubuh.

4. Mengatasi insomnia

Insomnia atau susah tidur di malam hari berpengaruh buruk bagi kesehatan. Tubuh yang kekurangan waktu istirahat akan mengalami kelelahan, daya ingat menurun, sulit konsentrasi dan produktifitas menurun. Tidur siang dapat menjadi penyeimbang waktu istirahat yang kurang di malam hari sehingga total waktu istirahat lebih panjang.

5. Mengurangi resiko penyakit jantung

Tidur siang ternyata juga mampu mencegah penyakit jantung. Ketika kita memaksakan diri untuk tetap terjaga dan bekerja padahal tubuh sudah sangat lelah dan sudah sangat mengantuk, pasti yang terjadi adalah jantung akan berdetak lebih kencang. Kondisi tersebut akan semakin parah jika Sobat memaksakan meminum kopi atau minuman energi yang mengandung kafein yang pastinya berdampak buruk pada jantung. Sebuah penelitan yang dilakukan oleh orang Yunani menemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang selama 30 menit selama 3 kali sehari dalam waktu seminggu mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler sebesar 37 persen.

Info menarik lainnya : Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala

Tidur siang yang disarankan adalah antara pukul 12:00 sampai pukul 14:00 dengan durasi kurang lebih 30 menit. Tidur siang yang telalu lama justru akan membuat tubuh lemas dan rasa pusing di kepala setelah terbangun. Tidur siang bukanlah pekerjaan pemalas. Pemalas akan tidur dari siang hingga sore hari, sedangkan mereka yang produktif hanya butuh waktu sekitar 30 menit untuk tidur siang guna mengembalikan stamina tubuh agar produktifitas tetap terjaga.



Dan Sekian ulasan 5 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

Semoga dengan kajian 5 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan"

Posting Komentar