Tips Diet Sehat Ala Dibagiin.com, Masuk Akal dan Efektif

Tips Diet Sehat Ala Dibagiin.com, Masuk Akal dan Efektif - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai Tips Diet Sehat Ala Dibagiin.com, Masuk Akal dan Efektif itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori Tips Diet Sehat Ala Dibagiin.com, Masuk Akal dan Efektif.

Judul Artikel : Tips Diet Sehat Ala Dibagiin.com, Masuk Akal dan Efektif

Mari bersama untuk mengkaji Tips Diet Sehat Ala Dibagiin.com, Masuk Akal dan Efektif supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


Tips Diet Sehat Ala Dibagiin.com, Masuk Akal dan Efektif

Tips diet sehat ala dibagiin.com merupakan artikel yang dibuat berdasarkan rangkuman dari berbagai referensi dan pengalaman pribadi, sebagai jembatan bagi Sobat yang ingin menjalani program diet namun kesulitan menentukan jenis program seperti apa yang paling cocok untuk gaya hidup Sobat sehari-hari. Tips diet sehat ala dibagiin.com mengedepankan program diet yang dapat beradaptasi dengan aktifitas sehari-hari, masuk akal dan efektif. Bagaimana tips diet sehat ala dibagiin.com?


1. Tetap sarapan pagi

Tips Diet Sehat Ala Dibagiin.com, Masuk Akal dan EfektifSarapan pagi sebenarnya adalah makan terpenting dalam satu hari. Pagi hari merupakan awal kita melakukan segala aktifitas sepanjang hari, itu sebabnya kita membutuhkan asupan nutrisi yang cukup di pagi hari. Nah, cara paling tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut adalah dengan sarapan pagi. Melewatkan jam sarapan pagi membuat tubuh kekurangan nutrisi yang dibutuhkan dan dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas, kurang bergairah dan sulit berkonsentrasi yang tentunya akan berdampak pada produktifitas kita. Tentunya Sobat tidak ingin hanya karena alasan diet pekerjaan terbengkalai, pelajaran terganggu, bisnis berantakan bukan?
Berikut ini tips sarapan saat diet ala dibagiin.com:

  1. Majukan jam sarapan Sobat. Jika biasanya Sobat sarapan jam 9 pagi, majukan menjadi jam 7 pagi untuk mempercepat proses pembakaran dan memperpanjang jarak antara makan siang dengan sarapan.
  2. Sobat boleh sarapan dengan porsi normal namun perhatikan menu sarapannya. Jika Sobat biasanya sarapan menggunakan roti, ganti roti biasa dengan roti gandum karena roti gandum mengandung serat lebih baik, lebih rendah gula dan dapat memberi rasa kenyang lebih lama. Hindari juga susu whole fat, ganti dengan susu low fat.
  3. Ada beberapa menu sarapan yang sebaiknya dihindari khususnya ketika sedang menjalani program diet, apa saja itu? silahkan klik artikel ini.

2. Perhatikan jumlah kalori

Bisa dikatakan inilah kunci keberhasilan suatu program diet, yaitu memperhatikan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh dan jumlah yang terbuang setelah beraktifitas. Logikanya, jika kalori yang masuk lebih banyak dari yang terpakai maka kelebihan kalori akan disimpan dalam bentuk lemak. Kebutuhan kalori rata-rata wanita dewasa sebesar 2.000 kcal dan pria dewasa sebesar 2.500 kcal (kebutuhan kalori setiap individu berbeda-beda, tergantung usia, jenis pekerjaan, kondisi kesehatan dan lain-lain), sedangkan jumlah kalori per satu piring nasi putih (100 gram atau 10 suapan) sebesar 129 kcal. Untuk informasi jumlah kalori pada menu makanan lainnya Sobat bisa searching sesuai kebutuhan.
Bagaimana cara menghitung kebutuhan kalori per hari? Berikut ini dibagiin.com berikan rumusnya:

Kebutuhan kalori per hari = AMB x nilai level aktifitas

Apa itu AMB? AMB (angka metabolisme basal) adalah nilai kebutuhan kalori selama satu hari dalam kondisi istirahat (tanpa beraktifitas).
Bagaimana cara menghitung AMB?
AMB = 0,9 kkal x berat badan dalam kg x 24 jam

Nilai level aktifitas per hari:

  • Ringan = 1,55
  • Sedang = 1,70
  • Berat = 2,00
Contoh :
Pria berusia 30 tahun dengan berat badan 60 kg, dengan aktifitas ringan (pekerjaan sehari-hari di depan komputer dengan minim gerak tubuh). 
Maka AMB nya adalah:
0,9 kkal x 60 kg x 24 jam = 1.296

Kebutuhan kalori per hari :
1.296 x 1,55 = 2.008,8

Catatan:
  • Angka yang dihasilkan dalam rumus tersebut hanya perkiraan, bukan angka kebutuhan kalori tubuh yang sebenarnya. Untuk mendapatkan angka yang lebih valid Sobat perlu berkonsultasi dengan dokter/ahli nutrisi.
  • Kebutuhan kalori setiap individu berbeda-beda, tergantung usia, jenis pekerjaan/aktifitasnya, kondisi kesehatan dan lainnya.
  • Untuk menurunkan berat badan 0,5 kg/minggu dibutuhkan pengurangan kalori sekitar 500 kcal/hari.
  • Untuk mengetahui jenis-jenis makanan yang tinggi kalori Sobat bisa simak pada artikel 12 Jenis Makanan Yang Mengandung Kalori Tinggi.


3. Olahraga teratur

Tips Diet Sehat Ala Dibagiin.com, Masuk Akal dan EfektifTips diet sehat ala dibagiin.com berikutnya adalah berolahraga secara teratur. Tidak perlu berolahraga berat, Sobat hanya perlu berolahraga ringan namun konsisten selama tidak kurang dari 20 menit, 5 kali seminggu. Contohnya dengan berlari pagi, bersepeda atau lainnya. Di sela-sela aktifitas sehari-hari Sobat juga bisa melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki atau menggunakan tangga ketimbang lift di tempat kerja/tempat kuliah (untuk lebih jelasnya silahkan cek artikel Manfaat Naik Turun Tangga Bagi Kesehatan). Jangan berharap diet akan sukses hanya dengan mengurangi porsi makan, pun sebaliknya jangan berharap  berat tubuh akan turun hanya dengan berolahraga walaupun itu olahraga berat tanpa dibarengi dengan pola makan yang sehat. Kedua hal ini sangat berkaitan dan tidak bisa dipisahkan ketika Sobat berniat untuk menjalani program diet. Olahraga disini bukan hanya merujuk olahraga dalam arti sebenarnya, namun peningkatan aktifitas fisik juga bisa dimaksud dengan olahraga. Tujuan utamanya adalah untuk membakar kalori lebih banyak agar tidak ada kalori yang tersisa yang akhirnya disimpan dalam bentuk lemak.

4. Perbanyak minum air putih

Air putih tidak bisa membakar lemak, itulah faktanya. Sobat juga jangan mudah percaya akan informasi yang mengatakan bahwa ada beberapa jenis makanan yang dapat membakar lemak seperti teh hijau atau lainnya (untuk informasi lebih lengkap Sobat bisa baca Mitos dan Fakta Seputar Diet). Air putih dibutuhkan untuk meningkatkan proses metabolisme tubuh, dan air putih juga mampu memberi sensasi kenyang (tips minumlah satu atau dua gelas air putih sebelum makan). Untuk Sobat yang gemar minum air dingin tidak perlu khawatir akan mitos air es bikin gemuk. Mengapa? Coba Sobat baca artikel Minum Es Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?.

5. Jangan lewatkan jam makan

Mereka yang sedang diet sering kali melewatkan jam makan misal tidak makan siang, apalagi jika sudah pulang terlalu malam jadi khawatir dengan mitos makan di atas jam 7 bisa menyebabkan gemuk. Baik kah itu? Sekali lagi diingatkan bahwa bagaimanapun tubuh tetap perlu nutrisi untuk beraktifitas, itu sebabnya sebaiknya untuk tidak melewatkan jam makan. Yang perlu diperhatikan adalah menjawab tiga pertanyaan ini:

  1. Berapa banyak porsinya? Kata kuncinya 'disesuaikan', tidak perlu mengurangi porsi secara ekstrem.
  2. Apa saja menunya? Perhatikan untuk menghindari makanan yang memicu kegemukan.
  3. Beratkah aktifitas hari ini, seimbangkah kalorinya?

6. Hindari ngemil

Sebaiknya hindari ngemil kalau tidak ingin program diet berantakan. Gantilah cemilan dengan buah-buahan atau sayuran yang mengandung banyak serat. Buah-buahan atau .sayuran jelas jauh lebih sehat ketimbang cemilan lainnya.

7. Hindari menu makanan berikut ini

Berikut ini beberapa jenis makanan yang perlu dihindari selama program diet:
  • Cemilan yang mengandung banyak gula, seperti cake, permen, dan lainnya.
  • Susu whole fat dan olahan susu seperti keju.
  • Soda (walau ada embel-embel low fat/low sugar pada kemasan).
  • Jus buah kalengan.
  • Junk food.
  • Gorengan. Gorengan disini bukan hanya cemilan yang digoreng tetapi juga menu makanan yang diolah dengan cara digoreng. Sebaiknya merubah cara pengolahan dengan cara dikukus atau direbus.
Oke Sobat itulah tips diet sehat ala dibagiin.com. Tips diet seperti ini memang tidak memberikan hasil yang wah, bisa turun hingga berkilo-kilo hanya dalam waktu satu bulan. Tapi cara ini lebih mudah diadaptasikan dengan aktifitas sehari-hari, dalam arti tidak mengganggu aktifitas Sobat setiap harinya. Para ahli pun mengungkapkan bahwa penurunan berat badan dalam kategori wajar sekitar 2 hingga 3 kg per bulan. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga program diet Sobat berhasil.



Dan Sekian ulasan Tips Diet Sehat Ala Dibagiin.com, Masuk Akal dan Efektif

Semoga dengan kajian Tips Diet Sehat Ala Dibagiin.com, Masuk Akal dan Efektif,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Diet Sehat Ala Dibagiin.com, Masuk Akal dan Efektif"

Posting Komentar