Fakta Tentang Kafein Pada Kopi Yang Harus Diketahui

Fakta Tentang Kafein Pada Kopi Yang Harus Diketahui - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai Fakta Tentang Kafein Pada Kopi Yang Harus Diketahui itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori Fakta Tentang Kafein Pada Kopi Yang Harus Diketahui.

Judul Artikel : Fakta Tentang Kafein Pada Kopi Yang Harus Diketahui

Mari bersama untuk mengkaji Fakta Tentang Kafein Pada Kopi Yang Harus Diketahui supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


Fakta Tentang Kafein Pada Kopi Yang Harus Diketahui

Bagi sebagian orang khususnya orang dewasa, minum kopi memberi kenikmatan tersendiri. Selain rasa nikmatnya, banyak yang percaya bahwa kopi dapat menunda rasa ngantuk. Benarkah itu?

Kafein yang terkandung pada kopi akan merangsang sistem saraf pusat dengan menghalangi neurotransmitter adenosine (Adenosine adalah anti-arrhythmic yang bekerja dengan cara memperlambat konduksi elektrik dalam jantung, memperlambat detak jantung, dan menormalkan irama jantung) yang biasanya memberi rasa nyaman pada tubuh. Konsekuensi dari perubahan tersebut menyebabkan meningkatknya neuron yang mengakibatkan peningkatan aktifitas sel-sel saraf dan peningkatan peredaran darah pada tubuh. Kemudian kelenjar pituitary merespon dengan melepaskan hormon/perintah kepada kelenjar adrenal untuk memproduksi adrenalin lebih banyak. Efeknya tubuh terasa lebih bersemangat dan tidak mengantuk.

Itulah sedikit penjelasan ilmiah mengapa kafein pada kopi dapat menunda seseorang mengantuk. Selain masalah mengantuk, ada beberapa mitos yang beredar tentang kafein, dan kali ini dibagiin.com akan mengulas fakta tentang kafein.

Fakta tentang kafein pada kopi yang harus diketahui :


1. Kafein dapat menyebabkan kecanduan

Kafein merupakan stimulan sistem saraf pusat yang jika dikonsumsi secara teratur dan terus menerus kafein dapat menyebabkan ketergantungan fisik ringan. Itu sebabnya mengapa mereka yang sudah terbiasa minum kopi setiap hari jika dihentikan secara mendadak akan mengalami beberapa perasaan tidak nyaman seperti sakit kepala, tubuh terasa lemas dan sulit konsentrasi. Walau demikian kafein bukan tergolong zat adiktif seperti obat-obatan terlarang (narkoba) dan kecanduan kafein masih tergolong kategori ringan dan dapat diatasi secara perlahan. Efek ini sama dengan kecanduan kerokan (baca juga : Fakta Menarik Dibalik Kebiasaan Kerokan).


2. Kafein tidak selalu mengganggu tidur/menyebabkan insomnia

Fakta Tentang Kafein Pada Kopi Yang Harus DiketahuiBanyak yang percaya bahwa mengkonsumsi kopi dapat membuat seseorang terjaga sepanjang malam. Mitos ini bisa benar bisa salah, tergantung berapa banyak kafein yang dikonsumsi dan berapa tinggi tingkat sensitifitas seseorang. Kenyataannya kafein memang diserap dengan cepat oleh tubuh, tetapi metabolisme tubuh pun bekerja dengan cepat. Proses pengolahan kopi melibatkan organ hati dan berlangsung selama kurang lebih 4-5 jam sampai kafein yang terkandung dalam tubuh terkuras. Setelah lima jam, kafein yang tertinggal hanya sekitar 25% nya saja. Namun bagi mereka yang sensitif, efek dari kafein mungkin dapat berlangsung lebih lama. Sedangkan bagi mereka yang tidak terlalu sensitif bahkan mungkin tidak merasakan efek apa-apa dari mengkonsumsi kopi yang mengandung kafein.

Jika Sobat ingin mengetahui tips agar mendapatkan tidur yang berkualitas, simak artikel Meningkatkan Kualitas Tidur Dengan Tidur Tanpa Bantal.

3. Kafein memperburuk stress

Kafein yang terkandung di dalam kopi jika dikonsumsi secara berlebihan (lebih dari 3 gelas perhari) dapat meningkatkan respon stress pada tubuh, meningkatkan tekanan darah dan detak jantung, sejalan dengan meningkatnya hormon stress. Kafein dengan tingkat cukup tinggi dapat memicu perasaan cemas, depresi, cepat marah dan sakit kepala. Namun demikian tingkat stress yang ditimbulkan tergantung pada sensitifitas seseorang terhadap kafein.

4. Kafein memiliki manfaat kesehatan

Sebuah penelitian menunjukkan indikasi kafein dapat membantu mengatasi efek alergi karena kemampuannya mengurangi kadar histamin, zat yang menyebabkan tubuh merespon pemicu alergi. Selain itu, mengkonsumsi kopi dengan takaran normal (tidak lebih dari 300 mg/hari atau sekitar 3 cangkir untuk orang dewasa) dapat membantu mencegah penyakit parkinson, kanker usus besar, diabetes tipe II, batu empedu dan penyakit hati.

5. Beberapa produk kecantikan mengandung kafein

Beberapa produk anti aging menggunakan kafein karena kafein diyakini dapat memperhalus kulit wajah dan mengurangi kerutan pada wajah.

6. Kafein aman bagi wanita hamil

Fakta Tentang Kafein Pada Kopi Yang Harus Diketahui
Selama ini ada anggapan bahwa mengkonsumsi kopi tidak baik bagi wanita hamil. Kenyataannya hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan mitos tersebut benar adanya. Sebuah penelitian tidak menemukan adanya kaitan antara mengkonsumsi satu cangkir kopi di pagi hari dengan resiko keguguran, kelahiran prematur atau cacat pada rahim. Namun demikian para ahli menyarankan untuk tidak mengkonsumsi kopi lebih dari 200 mg/hari untuk wanita hamil.

7. Kafein tidak menyebabkan dehidrasi

Kafein yang terdapat pada kopi memang bersifat diuretik atau memperlancar urine, sehingga orang yang mengkonsumsi kopi biasanya sering ingin buang air kecil. Namun efek yang ditimbulkan dengan mengkonsumsi kopi secara tidak berlebihan masih dalam ambang normal dan tidak akan membuat seseorang mengalami dehidrasi.

Itulah fakta tentang kafein pada kopi yang harus Sobat ketahui. Kafein yang terkandung pada kopi memang dapat memberi efek baik bagi penikmatnya namun bukan berarti kita boleh mengkonsumsi kopi secara berlebihan karena justru akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Takaran yang dianjurkan adalah 200 - 300 mg/hari atau setara dengan 2 sampai 3 cangkir kopi per hari. 



Dan Sekian ulasan Fakta Tentang Kafein Pada Kopi Yang Harus Diketahui

Semoga dengan kajian Fakta Tentang Kafein Pada Kopi Yang Harus Diketahui,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Tentang Kafein Pada Kopi Yang Harus Diketahui"

Posting Komentar