Terapi tertawa : Apa yang terjadi ketika kita tertawa?

Terapi tertawa : Apa yang terjadi ketika kita tertawa? - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai Terapi tertawa : Apa yang terjadi ketika kita tertawa? itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori Terapi tertawa : Apa yang terjadi ketika kita tertawa?.

Judul Artikel : Terapi tertawa : Apa yang terjadi ketika kita tertawa?

Mari bersama untuk mengkaji Terapi tertawa : Apa yang terjadi ketika kita tertawa? supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


Terapi tertawa : Apa yang terjadi ketika kita tertawa?

Stand up comedy, suguhan menarik pemicu tawaSaat ini sedang booming sebuah pertunjukan komedi cerdas yang bernama Stand up Comedy. Lawakan-lawakan cerdas para komikus sering kali membuat kita tertawa terbahak-bahak. Tentunya sebuah suguhan menarik dan bermanfaat di tengah-tengah setumpuk aktifitas kita sehari-hari yang sering kali menguras tenaga dan pikiran. Ya,  walau hubungan antara tertawa dengan peningkatan kesehatan manusia belum dipatenkan melalui riset dan penelitian mendalam, namun banyak pakar yang berpendapat bahwa tertawa memberi dampak positif bagi kesehatan manusia. Tertawa dipercaya merupakan obat terbaik untuk mengatasi stress, meningkatkan energy dan daya tahan tubuh, meredakan rasa sakit dan lain-lain.

"Your sense of humor is one of the most powerful tools you have to make certain that your daily mood and emotional state support good health."
~ Paul E. McGhee, Ph.D

Terapi tertawa : Apa yang terjadi ketika kita tertawa?

Ketika kita tertawa, kondisi emosional kita berubah, meregangkan otot-otot disekitar wajah hingga seluruh tubuh, denyut dan aliran darah meningkat, dan kita akan lebih cepat, memberikan lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh.
Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan ketika kita tertawa, baik itu manfaat untuk kesehatan tubuh, kesehatan emosional dan kualitas sosial.

A. Manfaat tertawa untuk kesehatan

1. Tertawa merelaksasi seluruh tubuh. Tertawa yang baik, tertawa murni (bukan tertawa yang dibuat-buat), melepaskan tekanan pikiran dan stress, memberi efek relaksasi pada otot-otot selama lebih dari 45 menit bahkan setelah tertawa.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tingkat stress berhubungan dengan penurunan sistem imun tubuh. Tertawa dapat menurunkan sekresi hormon yang dapat mengakibatkan stress, meningkatkan kadar antibodi yang memerangi infeksi pada tubuh, meningkatkan sistem imun sehingga tubuh lebih resistan terhadap penyakit.

3. Tertawa memicu pelepasan endorfin. Endorfin adalah hormon alami tubuh yang dapat memberikan sensasi positif, relaksasi, perasaan nyaman dan dapat meredakan rasa nyeri.

4. Tertawa melindungi organ jantung. Tertawa dapat meningkatkan kinerja pembuluh darah dan memperlancar aliran darah, yang berarti dapat membantu sobat terhindar dari serangan jantung dan beberapa gangguan kardiovaskular lainnya.

5. Menurunkan gula darah. Sebuah study yang melibatkan 19 orang dengan diabetes menunjukkan hubungan antara tertawa dengan kadar gula darah. Setelah makan, partisipan diarahkan untuk melakukan banyak aktifitas harian yang relatif monoton seperti mendengarkan ceramah yang membosankan. Di hari berikutnya, partisipan makan makanan yang sama lalu menonton acara komedi. Setelah acara komedi selesai, kadar gula darah para partisipan mengalami penurunan dibanding hari sebelumnya.

B. Tertawa dan humor dapat membantu menjaga kesehatan emosional

Tertawa membuat sobat mendapatkan perasaan positif, dan perasaan positif tersebut tetap bertahan walaupun sobat berhenti tertawa (setidaknya selama 45 menit ke depan). Tertawa membantu kita untuk mengembalikan keseimbangan emosional, tetap berfikir positif, lebih kreatif dan tetap optimis walau ditengah kondisi yang sulit, mengecewakan atau kerugian. Tertawa, ~bahkan walau senyuman sederhana~ dapat membuka jalan bagi anda untuk mendapatkan perasaan yang lebih baik. Tertawa juga mampu membuat anda relaks dan dapat mengatasi masalah stress mental seperti marah atau sedih.


C. Tertawa dapat meningkatkan kualitas hubungan sosial

Manfaat tertawa bagi kesehatan termasuk hubungan sosialHumor dan tertawa bersama orang lain dapat memicu positive thinking dan menguatkan ikatan emosional. Tertawa bersama juga dapat meningkatkan teamwork sebuah kelompok dan menurunkan potensi konflik. Berbagi canda merupakan cara paling efektif untuk menjaga sebuah hubungan tetap fresh dan menyenangkan. Humor di tengah-tengah komunitas melatih kita untuk lebih spontanitas, terbuka dalam mengekspresikan perasaan dan melatih untuk tidak bersifat defensif. Ciptakan humor di setiap hubungan sobat baik itu di dalam keluarga, bersama orang terkasih, dengan sesama rekan kerja atau bawahan, atau dengan siapapun yang berinteraksi dengan sobat hari ini dan rasakan kedekatan dan kehangatan yang lebih dari biasanya..

Itulah manfaat tertawa yang sudah dibagiin rangkum untuk sobat semua. Bagi sobat yang memiliki selera humor yang tinggi tentu tidak sulit untuk menciptakan candaan yang dapat memicu tawa. Namun bagi beberapa orang yang memiliki karakter sedikit kaku, mungkin akan sulit bagi mereka untuk terbiasa menciptakan playful communication.
Berikut ini beberapa tips agar 'pabrik tawa' yang ada di dalam diri kita dapat lebih produktif:
  1. Senyum. Senyum merupakan awal mula dari tertawa. Ketika kita tersenyum, secara tidak sadar kita mempersiapkan diri untuk bersikap lebih positif, mudah tertawa dan merasa bahagia. Perlu diingat bahwa seharusnya kitalah yang mengendalikan emosi, bukan sebaliknya. dan tersenyum dapat membantu kita dalam mengendalikan emosi. Tersenyum juga dapat membuka pintu relationship, membuat kita terlihat lebih menarik dan humble, merupakan langkah awal untuk sebuah situasi sosial yang baik.
  2. Hitung berkatmu. Mengingat kembali hal-hal baik yang sudah kita dapatkan dalam hidup dapat menjauhkan kita dari pikiran-pikiran negatif yang dapat menghambat selera humor kita. 
  3. Ketika mendengar orang tertawa, mendekatlah. Pada umumnya sekelompok orang yang sedang tertawa bersama lebih terbuka dibandingkan jika mereka sedang rapat. Mengapa demikian? Mereka cenderung memiliki keinginan untuk membagikan sesuatu yang lucu karena itu memberi mereka kesempatan untuk tertawa lagi.
  4. Habiskan waktu dengan orang-orang yang menyenangkan. Banyak orang yang memiliki selera humor tinggi, mudah tertawa, mudah menemukan dan menciptakan hal-hal lucu di setiap momen sehari-hari. Mendekatlah dengan mereka karena tertawa itu menular, bahkan lebih cepat daripada flu.
  5. Sisipkan humor di setiap percapakan informal. Sobat pasti sering dikerjai oleh para komikus, mereka menyampaikan materi yang terkadang membawa suasana serius kepada pendengarnya, lalu tiba-tiba mereka 'menembak' dengan candaan yang mengocok perut. Lakukan itu, cairkan suasana.!


"I believe that if people can get more laughter in their lives, they are a lot better off, they might be healthier too."
~ Steve Wilson, MA, CSP, a psychologist and laugh therapist. 

Bacaan menarik lainnya:
Ini alasan terlalu banyak minum tidak baik bagi kesehatan
Waspada datangnya penyakit saat musim hujan



Dan Sekian ulasan Terapi tertawa : Apa yang terjadi ketika kita tertawa?

Semoga dengan kajian Terapi tertawa : Apa yang terjadi ketika kita tertawa?,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Terapi tertawa : Apa yang terjadi ketika kita tertawa?"

Posting Komentar