Tips Memilih Ukuran Frame MTB

Tips Memilih Ukuran Frame MTB - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai Tips Memilih Ukuran Frame MTB itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori Tips Memilih Ukuran Frame MTB.

Judul Artikel : Tips Memilih Ukuran Frame MTB

Mari bersama untuk mengkaji Tips Memilih Ukuran Frame MTB supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


Tips Memilih Ukuran Frame MTB

Memilih ukuran frame sepeda gunung sebenarnya merupakan hal yang sangat penting karena ini sangat erat kaitanya dengan kenyamanan dan keamanan sobat berkendara. Pada artikel kali ini kami akan coba berikan beberapa tips memilih ukuran frame sepeda gunung yang tepat. Semoga tips-tips yang kami berikan dapat membantu sobat memilih ukuran frame yang sesuai.
Sebelumnya kita perhatikan dulu anatomi dari frame sepeda gunung;
Anatomi Frame MTB

Tabel panduan ukuran frame sepeda gunung:
155-170 cm : S
170-185 cm : M
185 cm >     : L

Sebenarnya dalam menentukan ukuran frame sepeda, jarak inseam (jarak antara pangkal paha ke tanah) juga menentukan. Lalu bagaimana cara menghitung ukuran frame yang tepat berdasarkan tinggi badan dan inseam sobat? Ikuti langkah berikut:
  1. Berdiri dengan tegak lurus, posisi kaki dibuka sekitar 30 cm seperti posisi sedang mengayuh sepeda (alas kaki dilepas). Agar posisi tubuh benar-benar tegak lurus sobat bisa menyandarkan pantat dan punggung ke tembok.
  2. Minta bantuan rekan sobat untuk mengukur tinggi badan dan jarak inseam sobat.
  3. This is your inseam
  4. Buka alamat web ini, > pilih jenis sepeda yang sobat inginkan > masukan hasil pengukuran tadi sesuai dengan kolomnya masing-masing (option satuan inci/centimeter terletak di sebelah tulisan Rider Information) > Calculate.

Agar lebih meyakinkan, sobat bisa melakukan hal-hal di bawah ini saat membeli sepeda di fullbike toko:
  1. Berdiri dengan tegak di atas sepeda.
  2. Lihat jarak antara top tube dengan selangkangan sobat, usahakan masih memiliki jarak sekitar 2-5 cm, agar ketika sobat harus turun mendadak dari sadle alat vital tidak terbentur dengan top tube.
  3. Jangkau handlebar/setang sepeda dengan kedua tangan. Lihat apakah kedua tangan dapat menjangkau dengan baik dan nyaman atau tidak. Ini akan berpengaruh pada handling saat berkendara. Jika ukuran frame dirasa cocok namun jangkauan setang terlalu jauh dapat diakali dengan mengganti Handle stem dengan ukuran yang lebih pendek.

Berdasarkan pengalaman, beberapa hal yang akan sobat alami ketika sobat salah memilih ukuran frame sepeda (dalam kasus saya frame yang saya beli kebesaran):
  1. Kenyamanan menurun, otot lengan, leher bagian belakang dan punggung menjadi cepat pegal dan terasa sakit.
  2. Kualitas handling menurun, kesulitan bermanuver. 
  3. Jika terjadi sesuatu/insiden kita akan kesulitan bereaksi secara spontan. Hal ini akan menurunkan rasa kepercayaan diri sobat saat bersepeda.
Semoga tabel dan cara-cara tersebut di atas dapat menjadi panduan sobat memilih ukuran frame sepeda yang tepat. Dengan memilih ukuran sepeda yang tepat, kenyamanan dan keamanan dalam bersepeda tentunya akan meningkat dan sobat akan mendapatkan banyak manfaat bersepeda bagi tubuh sobat.



Dan Sekian ulasan Tips Memilih Ukuran Frame MTB

Semoga dengan kajian Tips Memilih Ukuran Frame MTB,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memilih Ukuran Frame MTB"

Posting Komentar