Manfaat Bersepeda Bagi Tubuh

Manfaat Bersepeda Bagi Tubuh - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai Manfaat Bersepeda Bagi Tubuh itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori Manfaat Bersepeda Bagi Tubuh.

Judul Artikel : Manfaat Bersepeda Bagi Tubuh

Mari bersama untuk mengkaji Manfaat Bersepeda Bagi Tubuh supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


Manfaat Bersepeda Bagi Tubuh

Sepeda merupakan alat transportasi yang murah dan mudah digunakan. Seiring perkembangan zaman, sepeda saat ini sudah mulai menjadi gaya hidup dan bukan lagi sekedar alat transportasi semata. Banyak pesepeda memeriahkan momen car free day. Setiap akhir pekan, sekumpulan penghobby sepeda gunung ataupun roadbike berkumpul untuk gowes bareng. Bike to work pun mulai menjadi sesuatu hal yang tidak asing lagi bagi kita.
Lalu apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari bersepeda, berikut kami coba rangkum untuk sobat semua.

Meningkatkan kinerja kardiovaskular

Bersepeda termasuk dalam olahraga kardio. Saat kita bersepeda, kita melatih dan meningkatkan kinerja jantung, paru-paru dan sistem sirkulasi dalam tubuh. Bersepeda secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga mampu meminimalisir resiko penyempitan pembuluh darah. Bersepeda secara teratur juga dapat menguatkan otot jantung dan menurunkan tekanan darah. Otot jantung yang terlatih akan meningkatkan kinerja dari jantung tersebut, sehingga proses penghantaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh makin optimal.
Makin baik kinerja organ kardiovaskular sobat, makin rendah resiko terkena penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi dll.

Menjaga berat badan

Kegiatan bersepeda membuat tubuh bergerak secara aktif. Hal tersebut tentunya membutuhkan energi ekstra, di saat itulah tubuh akan membakar kalori. Pembakaran kalori akan sangat berguna untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Namun demikian perlu diimbangi dengan pola makan yang sehat/seimbang untuk menghindari resiko kegemukan.

Meningkatkan kekuatan otot

Hampir seluruh otot pada tubuh kita bergerak secara aktif ketika kita bersepeda, mulai dari otot kaki hingga ke kepala. Bersepeda secara rutin akan membuat otot semakin kuat dan fleksibel. Selain itu keseimbangan dan koordinasi tubuh juga ikut terlatih.

Merawat persendian

Sama halnya dengan otot, persendian kita seperti lutut, sikut, pergelangan kaki/tangan dan persendian lainnya juga akan bergerak secara aktif ketika kita bersepeda. Pergerakan yang aktif dan dilakukan secara rutin tersebut akan melatih persendian agar lebih kuat dan fleksibel.

Mengurangi stress

saat bersepeda tubuh kita akan menghasilkan hormon endorfin. Hormon endorfin dapat memicu perasaan nyaman dan suasana hati yang positif. Hormon endorfin juga mampu mengurangi rasa sakit. Apalagi jika sobat bersepeda bersama keluarga atau rekan-rekan sesama penghobby sepeda dan melintasi jalur dengan pemandangan yang indah, tentunya tingkat stress dapat turun lebih drastis.

Meningkatkan sistem imun dalam tubuh

Bersepeda dan olahraga lainya memiliki manfaat umum yaitu meningkatkan kesehatan tubuh kita. Dengan rutin bersepeda, daya tahan tubuh pun akan terus terjaga sehingga tidak mudah terserang penyakit dan aktifitas sehari-hari pun dapat berjalan dengan lancar.

Setelah mengetahui beberapa manfaat bersepeda, ada baiknya sobat mengetahui tips-tips bersepeda bagi pemula.



Dan Sekian ulasan Manfaat Bersepeda Bagi Tubuh

Semoga dengan kajian Manfaat Bersepeda Bagi Tubuh,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Bersepeda Bagi Tubuh"

Posting Komentar