Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala

Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala.

Judul Artikel : Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala

Mari bersama untuk mengkaji Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala

Tidur selayaknya mencharge handphone, sesuatu hal alami yang dibutuhkan tubuh untuk beristirahat dan mencharge kembali stamina yang telah dikeluarkan setelah beraktifitas selama seharian penuh. Lamanya durasi tidur yang disarankan sekitar 6-8 jam/hari. Namun kualitas tidur tidak hanya ditentukan oleh lamanya waktu tidur tapi ada beberapa faktor lain yang juga menentukan, salah satunya adalah pencahayaan. Mungkin ada diantara sobat yang terbiasa tidur dengan lampu menyala. Tapi ternyata ada dampak buruk/bahaya yang ditimbulkan dari tidur dengan lampu menyala.

Bahaya tidur dengan lampu menyala
Berikut ini adalah beberapa bahaya yang ditimbulkan dari tidur dengan lampu menyala:

Menghambat produksi Melatonin

Tidur dengan lampu menyala ternyata dapat menghambat produksi melatonin. Melatonin adalah salah satu jenis hormon yang berfungsi menjaga tubuh dari perkembangan sel tumor dan kanker. Resiko bahaya tidur dengan lampu menyala lebih besar diderita wanita karena paparan cahaya lampu di malam hari dapat memicu penyakit kanker payudara dan kanker usus besar. Bagi waninta disarankan untuk mulai membiasakan diri tidur dengan lampu padam.
Bukan berarti dengan mematikan lampu saat tidur akan membuat kita sepenuhnya terhindar dari penyakit tumor dan kanker, ini hanyalah salah satu cara untuk menghambat pertumbuhan tumor dan kanker, di samping cara-cara lain seperti menghindari rokok, alkohol, gaya hidup tidak sehat dll.

Menyebabkan gangguan tidur

Tidur dengan lampu menyala pada umumnya akan mengurangi rasa nyaman yang dapat mengakibatkan gangguan tidur seperti insomnia. Menyalakan lampu saat tidur juga dapat meningkatkan potensi sobat terbangun di tengah malam dan biasanya sobat akan kesulitan untuk tertidur kembali setelahnya.

Menurunkan kualitas tidur

Kualitas tidur dibilang baik jika otak benar-benar beristirahat di saat tidur, sedangkan cahaya adalah stimulator kerja otak. Dengan tidur menyalakan lampu, cahaya akan tembus lewat mata (walau mata dalam posisi terpejam) dan otak akan terus bekerja untuk merespon cahaya yang masuk. 
Sebaiknya matikan lampu saat tidur
Resiko insomnia dan terbangun di tengah malam tentunya berdampak langsung pada kualitas tidur. Waktu tidur yang terpotong karena insomnia atau terbangun di tengah malam membuat tubuh sobat tidak mendapatkan durasi yang cukup untuk beristirahat. Hal ini akan memberikan efek 'kurang tidur', seperti badan terasa lemas dan mudah mengantuk, kurang konsentrasi dan kurang bersemangat yang pada akhirnya membuat sobat menjadi pribadi yang kurang produktif.

Membuat mata menjadi lelah

Saat sobat sedang memejamkan mata dan berusaha untuk tidur sedangkan lingkungan sekitar masih dalam keadaan terang, otot pada kelopak mata akan bekerja lebih berat dan menjadi tegang. Hal ini akan mengakibatkan mata terasa pegal, gatal bahkan memerah saat bangun pagi harinya. Penggunaan lampu berkualitas buruk yang dapat menimbulkan radiasi akan memperparah kondisi tersebut.

Menggangu jam biologis tubuh & meningkatkan depresi

Gangguan-gangguan tidur yang timbul karena menyalakan lampu saat tidur secara langsung akan mengganggu jam biologis tubuh yang berakibat terganggunya metabolisme tubuh, gangguan kardiovaskular dll. 
Penelitian Ohio State University Medical Centre menyebutkan bahwa paparan cahaya saat tidur malam akan menimbulkan perubahan struktur pada otak dan menyebabkan depresi.

Setelah memulai kebiasaan tidur dengan lampu padam, ada satu lagi tips untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik yaitu tidur tanpa menggunakan bantal, sobat bisa cek artikelnya untuk informasi lebih lengkap.



Dan Sekian ulasan Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala

Semoga dengan kajian Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala"

Posting Komentar