7 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

7 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai 7 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori 7 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan.

Judul Artikel : 7 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

Mari bersama untuk mengkaji 7 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


7 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

manfaat luar biasa brokoli untuk kesehatanBrokoli adalah sayuran yang termasuk dalam keluarga kubis-kubisan. Brokoli berasal dari Timur Tengah dan sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Ibu rumah tangga tentu sudah tidak asing lagi dengan sayuran ini, bentuknya yang seperti pohon berdaun rimbun dan berwarna hijau memang menggugah selera ketika disajikan di meja makan. Brokoli merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, yaitu sekitar 34 kalori per 100 g. Namun demikian, brokoli kaya serat, mineral, vitamin, dan anti-oksidan, yang terbukti sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kali ini dibagiin akan mengulas 7 manfaat brokoli bagi kesehatan kita:

1. Mencegah kanker

Brokoli segar adalah kaya akan nutrisi nabati seperti tiosianat, indoles, sulforaphane, isothiocyanate dan flavonoid seperti beta-karoten cryptoxanthin, lutein, dan zea-xanthin. Penelitian menunjukkan bahwa zat-zat ini akan membentuk enzim yang mampu melawan kanker (seperti  prostat, usus besar, kandung kemih, pankreas, dan kanker payudara), diabetes, penyakit jantung, osteoporosis dan tekanan darah tinggi.

2. Menjaga kesehatan mata

Brokoli mengandung vitamin A cukup tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Vitamin A dan kandungan lutein dan zea-xanthin pada brokoli juga bermanfaat bagi penglihatan mata, dan akan membantu mencegah degenerasi makula pada retina pada lanjut usia.

3. Antioksidan alami yang tangguh

Brokoli adalah sumber vitamin C. Vitamin C adalah anti-oksidan yang sangat berperan terhadap sistem kekebalan tubuh, berguna untuk membantu tubuh melawan virus penyebab flu dan radikal bebas lainnya.

Informasi menarik lainnya : 8 Manfaat Petai Bagi Kesehatan

4. Brokoli sumber vitamin K

Selain vitamin C, brokoli juga kaya akan vitamin K yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat dari vitamin K diantaranya:
  1. Membantu proses pembekuan darah
  2. Pertumbuhan tulang dan mencegah osteoporosis
  3. Mencegah diabetes
  4. Mencegah pendarahan hati
  5. Mencegah kanker

5. Brokoli sumber asam folat

manfaat luar biasa brokoli untuk kesehatanAsam folat memainkan peranan penting bagi fungsi tubuh, diantaranya perbaikan dan pemeliharaan sel, sintesis DNA, metabolisme asam amino serta pembentukan leukosit dan eritrosit, yang dapat mencegah obesitas, penyakit jantung dan kanker. Asam folat juga sangat baik dikonsumsi wanita hamil karena asam folat berguna untuk pertumbuhan otak dan sumsum tulang belakang bagi janin.

6. Brokoli sumber mineral

Brokoli juga merupakan sumber mineral. Mineral yang terkandung di dalam brokoli diantaranya zinc, kalsium, mangan, magnesium, selenium, dan fosfor. Masing-masing dari mineral tersebut memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

7. Brokoli tinggi serat

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan serat. Beberapa manfaat makanan yang mengandung serat tinggi diantaranya:
  1. Menjaga kesehatan usus
  2. Melancarkan sistem pencernaan
  3. Mencegah diabetes
  4. Menurunkan kadar kolesterol

Itulah 7 manfaat brokoli bagi kesehatan tubuh kita. Selain brokoli, ada satu lagi sayuran yang memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh kita yaitu sawi sendok atau pak coy. Bagi Sobat yang ingin mengetahui manfaat luar biasa dari sayur sawi sendok, Sobat bisa baca ulasannya pada artikel 5 Manfaat Sawi Sendok Untuk Kesehatan. 
Agar kandungan gizi dan vitamin yang dikandung di dalam brokoli tidak terbuang, ada tips dalam penyajian brokoli, diantaranya:
  1. Jangan merebus brokoli terlalu lama, karena dengan merebus terlalu lama akan mengurangi sebagian nutrisi di dalamnya, termasuk asam folat dan vitamin C. Dianjurkan untuk mengolah brokoli dengan cara dikukus.
  2. Usahakan untuk tidak mengolah brokoli dengan cara digoreng menggunakan minyak makan.
  3. Brokoli tidak tahan lama, jadi sebaiknya langsung masak brokoli segar dan jangan disimpan di dalam lemari pendingin terlalu lama. 



Dan Sekian ulasan 7 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

Semoga dengan kajian 7 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan"

Posting Komentar