Resiko Bekerja Terlalu Lama di Depan Komputer

Resiko Bekerja Terlalu Lama di Depan Komputer - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai Resiko Bekerja Terlalu Lama di Depan Komputer itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori Resiko Bekerja Terlalu Lama di Depan Komputer.

Judul Artikel : Resiko Bekerja Terlalu Lama di Depan Komputer

Mari bersama untuk mengkaji Resiko Bekerja Terlalu Lama di Depan Komputer supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


Resiko Bekerja Terlalu Lama di Depan Komputer

Gadget dan komputer adalah dua hal yang tidak dapat lepas dari kehidupan modern saat ini. Banyak hal dilakukan melalui komputer dan banyak orang yang aktifitas pekerjaannya lebih banyak duduk di depan komputer. Jika sobat salah satunya, sobat perlu mulai memperhatikan resiko terlalu lama bekerja di depan komputer bagi kesehatan, karena menurut penelitian para ilmuwan ternyata terlalu lama bekerja di depan komputer memiliki resiko sama besar seperti seorang perokok.


Ada beberapa gangguan kesehatan yang dapat timbul akibat bekerja terlalu lama di depan komputer yang perlu sobat perhatikan:

1. Resiko kanker usus

Bagi mereka yang 10 tahun bekerja di depan komputer memiliki resiko hampir dua kali lipat terserang kanker usus. Sebuah studi oleh University of Western Australia mengungkapkan penyebab utamanya adalah kurangnya aktifitas tubuh dalam jangka waktu lama.

2. Kerusakan mata & sakit kepala

Layar komputer memiliki radiasi yang dapat merusak mata dan juga menyebabkan sakit kepala. Diawali dengan rasa pedih pada mata, pegal, mata menjadi kering dan lama-kelamaan pandangan menjadi kabur. Untuk menghindari resiko seperti itu sebaiknya sobat mengistirahatkan mata secara berkala apalagi jika mata mulai terasa lelah dengan cara keluar ruangan dan memandangi areal yang luas. Pengalaman penulis cara ini cukup ampuh untuk merefresh kembali mata dari rasa kelelahan setelah lama di depan layar komputer. 

3. Resiko penyakit jantung

Agak menakutkan memang, tapi itulah yang diungkapkan para ahli penyakit jantung, bahwa lamanya waktu yang dihabiskan di depan komputer berhubungan langsung dengan kesehatan jantung. Di sela-sela pekerjaan ada baiknya sobat melakukan olahraga ringan untuk menjaga kesehatan jantung. Sobat mungkin bingung bagaimana caranya berolahraga di saat bekerja? Sobat bisa memanfaatkan tangga yang ada di kantor sebagai sarana untuk berolaraga karena ada banyak manfaat dari naik-turun tangga bagi kesehatan kita.


4. Obesitas

Sebuah penelitian di Australia mengungkapkan seseorang yang banyak menghabiskan waktu di depan komputer memiliki lingkar pinggang lebih besar dan tingkat kolesterol jahat lebih tinggi. Untuk itu sobat perlu mengimbanginya dengan melakukan gerakan tubuh lebih kompleks di sela-sela pekerjaan. 

5. Penurunan daya ingat

Ada sebuah riset yang mengungkapkan bahwa seseorang yang bekerja selama 55 jam/minggu di depan komputer mengalami penurunan daya ingat atau demensia dibandingkan mereka yang hanya menghabiskan waktu selama 41 jam/minggu di depan komputer.

6. Sakit punggung

Saat kita bekerja terlalu lama di depan komputer apalagi jika duduk dengan posisi yang tidar benar seperti membungkuk, akan menyebabkan punggung terasa tegang dan struktur tulang punggung akan membungkuk atau tidak pada posisi natural. Hal ini sering menimbulkan rasa sakit seperti pegal-pegal, rasa nyeri dan lain-lain. Untuk mengatasinya duduklah dengan posisi serileks mungkin, posisi tubuh jangan sampai membungkuk atau terlalu tegak ke belakang dan sering-seringlah melakukan peregangan agar otot-otot tidak menjadi kaku.

7. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) adalah penyakit pada pergelangan tangan yang disebabkan oleh tekanan pada saraf median yang menimbulkan rasa nyeri, mati rasa dan parestesia (kesemutan atau sensasi seperti terbakar). Salah satu penyebab dari penyakit ini adalah tangan atau pergelangan tangan melakukan pekerjaan yang sama berulang kali dalam jangka waktu cukup lama (misalnya terlalu lama mengetik di depan komputer), atau pergelangan tangan tertekuk, terutama jika posisi tangan lebih rendah dari pergelangan tangan.

8. Radiasi listrik

Hal ini mungkin tidak diderita banyak orang, tapi ada beberapa orang yang tingkat sensitifitasnya cukup tinggi terhadap radiasi listrik. Jika sobat sering merasa gatal saat bekerja di depan komputer, itu bisa disebabkan oleh efek dari radiasi listrik yang ada di dekat sobat.

Itulah beberapa resiko yang mungkin timbul jika terlalu lama bekerja di depan komputer. Ada beberapa tips berguna untuk meminimalisir resiko-resiko di atas, diantaranya:
  1. Posisikan tubuh serileks mungkin saat bekerja di depan komputer, jaga tubuh tetap tegak dan gunakan kursi yang dapat menopang punggung. 
  2. Atur bangku atau posisikan keyboard agar sejajar dengan tangan, jangan letakkan keyboard lebih rendah atau lebih tinggi dari siku tangan. Usahakan lengan di atas keyboard membentuk sudut 90 derajat dari tubuh, begitu pula dengan kaki.
  3. Posisikan monitor 5-15 derajat di bawah mata agar leher tidak mendongak saat melihat monitor. Jarak antara mata dan monitor minimal 60 cm.
  4. Bekerja dengan cahaya ruangan yang cukup.
  5. Lakukan peregangan secara berkala untuk melemaskan otot-otot pada tubuh (setidaknya 2 jam sekali).
  6. Istirahatkan mata secara berkala, caranya bisa dengan mengalihkan pandangan dari layar monitor setiap 20 menit atau mencari dan memandangi areal luas di luar ruangan.
  7. Di sela-sela pekerjaan lakukan gerakan tubuh yang lebih kompleks, seperti naik-turun tangga yang ada di kantor.

Dengan begitu banyaknya pekerjaan yang menumpuk di meja kerja, belum lagi jika dikejar deadline, tips-tips di atas mungkin sulit untuk dilakukan. Tapi tidak ada salahnya kita meluangkan sedikit waktu agar tubuh tetap fit dan bugar. Toh, produktifitas kita juga ditentukan oleh kondisi tubuh yang sehat. 



Dan Sekian ulasan Resiko Bekerja Terlalu Lama di Depan Komputer

Semoga dengan kajian Resiko Bekerja Terlalu Lama di Depan Komputer,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resiko Bekerja Terlalu Lama di Depan Komputer"

Posting Komentar