Penyebab Bau Kaki dan Cara Mengatasinya

Penyebab Bau Kaki dan Cara Mengatasinya - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai Penyebab Bau Kaki dan Cara Mengatasinya itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori Penyebab Bau Kaki dan Cara Mengatasinya.

Judul Artikel : Penyebab Bau Kaki dan Cara Mengatasinya

Mari bersama untuk mengkaji Penyebab Bau Kaki dan Cara Mengatasinya supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


Penyebab Bau Kaki dan Cara Mengatasinya

Apakah sobat seseorang yang bekerja atau beraktifitas selalu menggunakan sepatu? Jika ya, mungkin banyak dari sobat yang mengeluhkan aroma tidak sedap pada kaki begitu melepas sepatu sepulang beraktifitas. Bahayanya jika sepulang bekerja rekan-rekan kantor mengajak sobat untuk beristirahat sambil makan sore di restaurant bernuansa lesehan. Sobat pasti bingung, lepas sepatu takut bau, tidak lepas ya tidak mungkin..

Penyebab bau kaki cara mengatasinya

Apa sih penyebab dari bau kaki tersebut dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk kita simak ulasannya..

Penyebab Bau Kaki

Ada dua hal penyebab bau kaki, yaitu bromhidrosis (kelompok bakteri yang ada di dalam tubuh yang dapat menimbulkan bau) dan hiperhidrosis (suatu kondisi produksi kelenjar keringat yang berlebihan). Pada daerah kaki biasanya terdapat sekitar 250.000 kelenjar keringat yang mampu menghasilkan sekitar 570 ml keringat setiap harinya. Jika bakteri dan keringat bercampur, maka akan menghasilkan isovaleric acid. Isovaleric acid adalah salah satu jenis zat yang menghasilkan bau yang tidak sedap. Banyak faktor yang menjadi penyebab produksi keringat menjadi berlebih, diantaranya aktifitas yang padat, terlalu banyak berdiri, stress, dan lain-lain.

Tips Menghindari Bau Kaki

Sebelum bau kaki menyerang dan menjadi masalah yang tentunya dapat menurunkan rasa percaya diri sobat, sebaiknya lakukan langkah-langkah pencegahan seperti di bawah ini:
  1. Mencuci kaki setiap hari dengan sabun anti bakteri guna meminimalisir resiko infeksi kulit ringan, kutu air, pertumbuhan bakteri dan lain-lain.
  2. Pilihlah sepatu dengan ukuran yang pas dan terbuat dari kulit atau bahan berpori yang memungkinkan kulit untuk bernapas. Hindari penggunaan sepatu dari bahan serat sintesis karena dapat menyebabkan produksi keringat berlebih. 
  3. Jangan gunakan sepatu dalam kondisi masih lembab,pastikan sepatu yang akan sobat pakai benar-benar kering. Jangan gunakan sepatu yang sama setiap hari, maksimal setelah dua hari sepatu harus diganti. Untuk itu sobat perlu setidaknya dua pasang sepatu, ketika yang satu dipakai, satunya dicuci/dijemur di terik matahari untuk menghindari kelembaban.
  4. Gunakan kaus kaki dari bahan wol atau katun agar lebih baik menyerap keringat pada kaki. Saat ini telah banyak beredar di pasaran kaus kaki anti bakteri. Kaus kaki jenis ini cukup ampuh untuk mencegah bau tidak sedap pada kaki. Ganti kaus kaki setiap hari dan cuci bersih kaus kaki setelah dipakai. Jangan gunakan kaus kaki yang masih lembab.
  5. Gunakan antipespirant atau foot spray sebelum memakai sepatu. Sama halnya dengan kaus kaki anti bakteri, produk foot spray saat ini telah banyak beredar di pasaran. Produk foot spray biasanya mengandung alumunium klorida yang mampu menghambat produksi keringat pada kaki dan foot spray juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri sehingga dapat menekan bau tidak sedap pada kaki sobat.
  6. Pastikan kuku kaki tetap pendek sehingga tidak menjadi tempat kotoran yang terperangkap dan akhirnya menjadi rumah bagi bakteri.
Itulah beberapa tips untuk menghindari bau tidak sedap pada kaki. Tapi bagaimana jika bau sudah terlanjur datang? Di bawah ini ada beberapa tips untuk menghilangkan bau tidak sedap pada kaki:

Merendam kaki dengan air teh

Merendam kaki dengan air teh cukup ampuh untuk menghilangkan bau pada kaki. Caranya siapkan baskom berisi air hangat dicampur teh secukupnya lalu rendam kaki sekitar 20 menit. Lakukan cara ini secara teratur agar hasil lebih maksimal.

Merendam kaki dengan garam atau baking soda.

Penyebab Bau Kaki dan Cara MengatasinyaSobat tinggal pilih mana yang ada di dapur sobat, garam atau baking soda. Sama seperti merendam kaki dengan teh, merendam kaki dengan air garam atau baking soda ternyata juga mampu menghilangkan bau tidak sedap pada kaki. Caranya pun mudah, sobat hanya perlu menyiapkan air hangat yang dicampur garam atau baking soda secukupnya lalu rendam kaki selama beberapa menit. Baking soda mampu meminimalisir jumlah bakteri penyebab bau tidak sedap pada kaki. Untuk informasi lebih lengkap mengenai manfaat air hangat dan garam dapat Sobat simak pada artikel Air Hangat dan Garam, Terapi Sehat Murah Meriah.

Menggunakan sabun jerawat dengan kandungan 10% Benzoil Peroksida

Bakteri adalah penyebab utama bau tidak sedap pada kaki, sehingga cara paling tepat untuk menghilangkan bau tersebut adalah dengan membunuh bakteri pemicu bau tidak sedap tersebut. Kandungan benzoil peroksida yang terdapat pada produk sabun jerawat akan bekerja secara perlahan melepaskan oksigen aktif yang memberikan efek baketriostatik (suatu kondisi yang diakibatkan senyawa antibakteri yang  membuat pertumbuhan bakteri bersifat statisdan menciptakan efek keratolitik (menghilangkan lapisan keratin di luar kulit, guna proses penyembuhan gangguan kulit seperti kutil dan ketombe), serta mampu mengurangi potensi kelembaban sehingga dapat mengatasi masalah bau pada kaki.

Gunakan obat kumur

Penyebab Bau Kaki dan Cara MengatasinyaFungsi obat kumur adalah memberi rasa segar dan menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri yang menempel pada gusi, rongga mulut atau plak gigi. Karena itu obat kumur juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada kaki. Caranya rendam kaki sobat dengan air yang telah dicampur obat kumur secukupnya. Sama halnya pada mulut, obat kumur akan bekerja mengusir bakteri penyebab bau tidak sedap pada kaki.

Menaburkan tepung maizena

Sobat dapat menaburkan tepung maizena ke kaki hingga sela-sela jari sebelum menggunakan kaus kaki. Pastikan kaki benar-benar kering sebelum diberi tepung maizena. Tepung maizena dapat menyerap keringat dan membuat kaki tetap kering.

Penyebab Bau Kaki dan Cara MengatasinyaMenggunakan bubuk kopi

Pada artikel sebelumnya telah dibahas khasiat kopi untuk menghilangkan bau mulut. Ternyata selain menghilangkan bau pada mulut, kopi juga mampu menghilangkan bau tidak sedap pada kaki. Lumuri kaki dengan bubuk kopi selama 15-20 menit, lalu bersihkan. Bubuk kopi dapat memberi efek kering dan aromanya akan membuat kaki kembali harum. 

Suplemen zinc dan magnesium

Ketika tubuh kekurangan mineral seperti zinc dan magnesium, tubuh akan mengalami beberapa gangguan kesehatan salah satunya munculnya bau tidak sedap di seluruh tubuh. Beberapa jenis makanan sumber zinc diantaranya daging sapi, yoghurt, salmon dan biji labu. Sedangkan makanan sumber magnesium diantaranya Kacang hitam, kacang almond dan beras merah. Namun sebelum melakukan langkah ini ada baiknya sobat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.



Dan Sekian ulasan Penyebab Bau Kaki dan Cara Mengatasinya

Semoga dengan kajian Penyebab Bau Kaki dan Cara Mengatasinya,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Bau Kaki dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar