Makan Dengan Tangan Tidak Sehat, Benarkah ?

Makan Dengan Tangan Tidak Sehat, Benarkah ? - Hi Share, Berbagi Info, Sangatlah menyenangkan selain bisa menambah pengetahuan kita semua juga bis menambah wawasan kita semua. Dan mengenai Makan Dengan Tangan Tidak Sehat, Benarkah ? itu sendiri. Kita bisa mengkajinya apakah info tersebut benar atau tidak atau bahkan kebenaran yang selama ini kita yakini justru bisa dipatahkan dengan teori Makan Dengan Tangan Tidak Sehat, Benarkah ?.

Judul Artikel : Makan Dengan Tangan Tidak Sehat, Benarkah ?

Mari bersama untuk mengkaji Makan Dengan Tangan Tidak Sehat, Benarkah ? supaya kita tahu kebenaranya. Dan mengenai informasi yang beredar diberbagai sumber internet semiga kita dapat melihat dari sisi lainya ya jangan langsung percaya atau langsung menyalahkanya. Mari bersama-sama untuk membuktikan nya.

Share lain:


Makan Dengan Tangan Tidak Sehat, Benarkah ?

Bicara soal makan ada istilah Table manners, atau tata cara/etika makan di meja. Salah satu syarat table manners adalah makan menggunakan sendok dan garpu. Bagi masyarakat modern cara ini memang sudah hal yang lumrah, namun bagi sebagian orang makan menggunakan tangan masih tetap memberi sensasi kenikmatan tersendiri yang tidak bisa didapat bila makan menggunakan sendok garpu. Masyarakat modern meyakini makan dengan sendok garpu lebih sopan dan lebih higienis dibandingkan makan dengan tangan. 

Makan dengan tangan tidak sehat, benarkah?

Ya, banyak yang meyakini kalau makan dengan tangan itu jorok, kotor, kampungan pula.Kenyataannya adalah makan dengan tangan justru bisa lebih sehat dibandingkan makan menggunakan sendok dan garpu. Mengapa demikian? Pada tangan manusia terdapat enzim yang bernama RNase yang bermanfaat menghambat perkembangan bakteri pada makanan. Enzim RNase dapat mendegradasi RNA (Ribonucleic Acid / Asam Ribosa Nukleat. Merupakan makromolekul yang berfungsi sebagai penyimpan dan penyalur informasi genetik, misalkan pada materi genetik virus). Ketika kita memasukkan makanan ke dalam mulut, enzim RNase yang dihasilkan tangan kita mengikat dan menghambat aktivitas bakteri yang ada pada makanan. Berbeda dengan sendok dan garpu, enzim RNase ini tentunya tidak ada pada sendok dan garpu yang sobat pakai. Hal ini tentunya juga harus dibarengi dengan kebersihan tangan. Enzim RNase akan kalah bersaing dengan banyaknya bakteri jika tangan yang kita gunakan untuk makan tidak dibersihkan terlebih dahulu. Sobat juga perlu memperhatikan kondisi kuku, jangan biarkan kuku tumbuh memanjang karena akan menjadi rumah bagi bakteri. 

Dari sisi logika, makan dengan tangan juga bisa lebih sehat dibandingkan menggunakan sendok garpu. Bagi sobat yang masih percaya bahwa makan menggunakan sendok garpu lebih higienis, coba perhatikan fakta-fakta di bawah ini:
  1. Sendok dan garpu (khususnya di rumah makan) sering dipakai bergantian. Kita tidak bisa mengkontrol siapa dan bagaimana kondisi kesehatan si pemakai sebelumnya.
  2. Sendok dan garpu yang sudah dicuci belum tentu benar-benar bersih. Penulis sering menemui pedagang makanan yang mencuci piring, sendok dan lainnya menggunakan ember berisi air yang dipakai berulang-ulang, sabun pun tidak diganti-ganti. Apakah sobat yakin peralatan makan tersebut benar-benar bersih?
  3. Walaupun bersih, sendok garpu masih beresiko terjangkiti bakteri saat berada pada tempat penyimpanan melalui udara/debu dan lainnya.
Sekarang bandingkan dengan tangan kita. Kita sendiri yang mencuci tangan kita, kita lebih tahu apakah tangan sudah benar-benar bersih atau belum. Dan lagi hanya kitalah yang menggunakan tangan kita, tidak seperti sendok dan garpu yang bisa dipakai bergantian. Setelah dicuci, tangan kita juga tidak beresiko jatuh ke tempat kotor. 

Ketika kita makan dengan tangan, ada kontak langsung antara saraf-saraf pada jari tangan yang berhubungan langsung dengan otak. Saraf-saraf tersebut memberi informasi kepada otak tentang tekstur makanan, padat atau lembut, panas atau dingin dan lainnya sehingga mempersiapkan sistem pencernaan untuk mencerna makanan. Dengan adanya kontak langsung tersebut pulalah yang memberi sensasi kenikmatan tersendiri ketika makan. Itulah sebabnya kenapa banyak orang yang mengakui makan dengan tangan lebih nikmat jika dibandingkan makan menggunakan sendok dan garpu.

Itulah sedikit ulasan tentang kebiasaan makan menggunakan tangan. Ada juga mitos yang berhubungan dengan makan yang juga diyakini banyak orang kebenarannya, yaitu makan di atas jam 7 malam bikin gemuk. Silahkan sobat klik untuk mengetahui fakta dibalik mitos tersebut.



Dan Sekian ulasan Makan Dengan Tangan Tidak Sehat, Benarkah ?

Semoga dengan kajian Makan Dengan Tangan Tidak Sehat, Benarkah ?,kita semua dapat menumukan kebenaran dari sebuah makna kedutan yang ada dan semoga portal Arti dan pertanda kedutan data menambah nilai manfaat dan pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makan Dengan Tangan Tidak Sehat, Benarkah ?"

Posting Komentar